Ini Kebijakan Baru Liga Champions Asia

Kompas.com - 09/07/2020, 22:32 WIB
Logo Liga Champions Asia. twitter.com/theafcclLogo Liga Champions Asia.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Mengantisipasi makin merebaknya persebaran virus corona, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merilis kebijakan baru tentang Liga Champions Asia (LCA).

"LCA akan kembali bergulir pada September," kata pernyataan AFC.

Baca juga: Musim Depan, 40 Klub Ikut Liga Champions Asia

Setelah enam bulan tertunda lantaran virus corona, AFC akan menggelar laga lanjutan dengan sistem lokasi laga yang terpusat di satu tempat.

Para pemain Jeonbuk Hyundai Motors merayakan gol ke gawang Urawa Reds di ajang Liga Champions Asia pada 9 April 2019.AFP/KAZUHIRO NOGI Para pemain Jeonbuk Hyundai Motors merayakan gol ke gawang Urawa Reds di ajang Liga Champions Asia pada 9 April 2019.

"Final akan berlangsung satu kali pada Desember," kata AFC.

Saat ini, ada 32 klub yang akan berlaga.

Skuad Johor Darul Takzim saat merayakan kemenangan atas Suwon Samsung Bluewings pada matchday ke-2 babak penyisihan Grup G Liga Champions Asia, Selasa (3/3/2020).TWITTER.com/DOK. Johor Darul Takzim Skuad Johor Darul Takzim saat merayakan kemenangan atas Suwon Samsung Bluewings pada matchday ke-2 babak penyisihan Grup G Liga Champions Asia, Selasa (3/3/2020).

Klub-klub itu berasal mulai dari Wilayah Barat, Saudi Arabia hingga Timur yakni Jepang.

Tiga klub asal China yakni Shanghai SIPG, Shanghai Shenhua, dan Guangzhou Evergrande sama sekali belum berlaga untuk tahap grup.

Oscar menjalani debutnya bersama Shanghai SIPG di Doha, Qatar, Senin (8/1/2017).Dok. Twitter Oscar Oscar menjalani debutnya bersama Shanghai SIPG di Doha, Qatar, Senin (8/1/2017).

Sementara itu, jadwal paling anyar dari AFC menunjukkan putaran keempat tahap grup Wilayah Barat akan dilaksanakan 11 hari mulai 14-24 September 2020 secara terpusat.

"Kami akan umumkan nama stadion kemudian," kata AFC.

Chairman Alibaba Group, Jack Ma (tengah), menyaksikan partai antara Guangzhou Evergrande dan Sydney Wanderers pada perempat final Liga Champions Asia di Stadion Tianhe, 27 Agustus 2014.STR/AFP Chairman Alibaba Group, Jack Ma (tengah), menyaksikan partai antara Guangzhou Evergrande dan Sydney Wanderers pada perempat final Liga Champions Asia di Stadion Tianhe, 27 Agustus 2014.

Lantas, Zona Timur akan dimainkan kembali pada 16 Oktober-1 November 2020.

Kemudian, fase gugur akan dilaksanakan segera setelah fase grup usai.

"Final akan berlangsung pada 5 Desember 2020," pungkas Sekretaris Jenderal AFC Windsor John.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X