Kompas.com - 16/06/2020, 07:00 WIB
Legenda sepak bola Belanda yang juga mantan pemain dan pelatih Chelsea, Ruud Gullit. AFPLegenda sepak bola Belanda yang juga mantan pemain dan pelatih Chelsea, Ruud Gullit.

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung merupakan salah satu tim di Indonesia yang cukup beruntung.

Dalam kiprahnya di sepak bola Indonesia, klub berjulukan Maung Bandung itu kerap mendapatkan kesempatan bertanding melawan tim besar Eropa.

Sejumlah klub besar asal Benua Biru, mulai Stade de Reims, AC Milan, hingga Ajax Amsterdam pernah dijajal kekuatannya oleh Persib.

Kecenderungannya, klub-klub tersebut datang ke Indonesia untuk menjalani persiapan dalam masa pramusim sebelum tampil di kompetisi.

Dari daftar tim besar Eropa yang pernah datang ke Indonesia dan menjajal kekuatan Persib, ada satu yang merasakan tuah positif karena prestasi yang diraihnya kemudian.

Kesebelasan tersebut adalah Philips Sport Vereniging (PSV) Eindhoven.

Baca juga: Kisah Wakil Persib Pertama yang Bela Timnas Indonesia

Pada musim panas 1987, PSV melakukan tur ke sejumlah negara Asia dalam masa persiapannya menghadapi kompetisi musim 1987-1988.

Bagi PSV, ini merupakan momen kedua mereka menyambangi Indonesia.

Sebelumnya, klub berjulukan The Rood Witten itu sempat bertandang ke Indonesia pada 1971 untuk menjajal kekuatan PSMS Medan, Persebaya Surabaya, dan timnas Indonesia.

Akan tetapi, pada lawatan keduanya ke Indonesia pada Juni 1987, PSV memilih Persib sebagai lawan uji tanding dalam turnya ke Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X