Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Liga Inggris Bantu Perangi Covid-19 Lewat Gerakan #PlayersTogether

Kompas.com - 09/04/2020, 09:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber Sky Sports

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang meluas di Inggris tak luput dari perhatian para pesepak bola Premier League.

Melalui gerakan #PlayersTogether, para pemain Premier League (kasta tertinggi Liga Inggris) menggalang dana yang akan didonasikan kepada layanan kesehatan masyarakat (National Health Service/NHS) untuk membantu memerangi virus corona.

Dihimpun dari Pusat Sistem Sains dan Teknik Universitas Johns Hopkins, hingga Kamis (9/4/2020), Inggris mencatat 61.474 kasus dengan 7.097 kematian dan 345 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Upaya penggalangan dana dengan gerakan #PlayersTogether diumumkan langsung lewat akun Twitter resmi sejumlah pemain Liga Inggris pada Rabu (8/4/2020) waktu setempat.

Baca juga: Kapten Liverpool Atur Penggalangan Dana untuk Bantu Perangi Covid-19

Sebelumnya, pihak Premier League dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA) masih berdiskusi soal pemotongan gaji sebesar 30 persen bagi para pemain Liga Inggris.

Namun, sejauh ini diskusi antara Premier League dan PFA belum menemukan kesepakatan.

Melansir Sky Sports, gerakan #PlayersTogether adalah inisiatif bersama para pemain Liga Inggris untuk membantu para petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Selama seminggu terakhir, para pemain Liga Inggris telah berdiskusi untuk berkontribusi menyumbangkan dana ke tempat yang paling membutuhkan dalam masa Covid-19, membantu mereka yang berjuang di NHS serta bidang-bidang penting lainnya yang dibutuhkan," demikian bunyi pernyataan yang dibuat para pemain Liga Inggris.

"Ini adalah waktu yang sulit untuk negara dan NHS (National Health Service) kami. Para pemain bertekad untuk membantu dengan apapun yang kami bisa," tuturnya.

"Kami dapat mengonfirmasi setelah diskusi di antara sejumlah pemain dari semua klub Liga Inggris, hasilnya adalah kami berinisiatif melakukan gerakan kolektif bertajuk #PlayersTogether, dan telah bermitra dengan NHS Charities Together (NHSCT) untuk membantu mereka mendistribusikan dana dengan cepat dan efisien ke tempat yang paling dibutuhkan," jelas pernyataan tersebut.

Dalam surat pernyataannya, para pemain Liga Inggris juga menyatakan gerakan ini merupakan inisiatif mereka tanpa campur tangan klub masing-masing.

Baca juga: Pemotongan Gaji Liga Inggris Bisa Merugikan Program Melawan Covid-19

Aksi nyata para pemain Premier League ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock.

Matt Hancock sebelumnya sempat mengkritik pemain Liga Inggris soal pemotongan gaji yang seharusnya juga dilakukan para pesepak bola tersebut di tengah pandemi global ini.

Melalui akun Twitternya, Matt Hancock memuji para pemain yang melakukan perannya untuk membantu yang paling membutuhkan dalam masa sulit ini.

"Sambut hangat keputusan besar dari para pemain Liga Inggris dalam menciptakan gerakan #PlayersTogether untuk mendukung NHS Charities. Kamu memainkan peranmu," tulis Matt Hancock.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky Sports
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com