Pemotongan Gaji Liga Inggris Bisa Merugikan Program Melawan Covid-19

Kompas.com - 05/04/2020, 18:50 WIB
Logo Premier League twitterLogo Premier League

KOMPAS.com - Asosiasi Pesepak Bola Profesional ( PFA) memahami betul keinginan para pemain Liga Inggris untuk memberikan bantuan bagi klub di tengah pandemi virus corona yang meluas di Inggris.

Salah satu caranya adalah dengan memberlakukan kebijakan pemotongan gaji sebesar 30 persen.

Namun, PFA menilai kebijakan tersebut justru bisa merugikan program yang didanai pemerintah tak terkecuali layanan kesehatan masyarakat (National Health Service/NHS).

Melansir Sky Sports, diskusi tengah berjalan di antara perwakilan Premier League (kasta tertinggi Liga Inggris) dan PFA. Topik utamanya adalah mengenai pemotongan gaji pemain sebesar 30 persen selama pandemi virus corona.

Baca juga: Kebijakan Potong Gaji di Liga Inggris Seharusnya Berkaca pada NHS

Kendati demikian, sejauh ini belum ada kesepakatan antara Premier League dan PFA untuk mengimplementasikan rencana tersebut.

PFA justru mengingatkan bahwa dengan sistem PAYE (Pay As You Earn), pajak gabungan atas gaji para pemain bisa mendanai layanan publik seperti NHS dan sangat dibutuhkan pada masa sulit karena virus corona saat ini.

Dihimpun dari Citizens Advice, sistem PAYE adalah metode pembayaran pajak penghasilan dan kontribusi asuransi nasional.

Perusahaan akan memotong pajak dan kontribusi asuransi nasional sebelum memberikan gaji kepada karyawan.

"Para pemain sadar bahwa dengan sistem PAYE, pajak gabungan atas gaji mereka adalah kontribusi yang nyata untuk mendanai layanan publik yang penting saat ini," bunyi pernyataan PFA yang dikutip dari Sky Sports.

"30 persen pemotongan gaji akan membebani kerja Menteri Keuangan. Ini akan merugikan NHS dan layanan publik lainnya yang didanai pemerintah."

Halaman:


Sumber Sky Sports
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X