Glenn Fredly, dari Misi Perdamaian di Maluku hingga Kenangan Tabloid BOLA

Kompas.com - 09/04/2020, 06:15 WIB
Penyanyi Glenn Fredly tampil dalam Pekan Kebudayaan Nasional di istora Senayan Jakarta, Jumat (11/10/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Glenn Fredly tampil dalam Pekan Kebudayaan Nasional di istora Senayan Jakarta, Jumat (11/10/2019).

KOMPAS.com - Mendiang Glenn Fredly merupakan musisi yang semasa hidupnya kerap menunjukkan kepedulian terhadap sepak bola Indonesia.

Glenn Fredly meninggal dunia dalam usia 44 tahun karena penyakit meningitis di Rumah Sakit Setia Mitra, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Selain menjadi musisi, Glenn Fredly juga dikenal memiliki bakat di dunia film.

Glenn Fredly tercatat pernah tiga kali menjadi produser film layar lebar, salah satunya bertema sepak bola.

Film itu adalah " Cahaya dari Timur: Beta Maluku" yang dirilis pada 2014.

Film ini secara garis besar bercerita tentang perjuangan Sani Tawainela membangun perdamaian di Maluku saat konflik Ambon melalui sepak bola.

Baca juga: Glenn Fredly dan Misinya Menjadikan Sepak Bola sebagai Alat Perdamaian

Kisah ini menjadi menarik karena saat konflik berkecamuk, Sani mampu mendidik anak asuhnya dari latar agama berbeda untuk tetap saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan persaudaraan.

Glenn Fredly mengaku langsung tertarik menjadi produser film itu ketika mendapat tawaran dari sutradara Angga Dwimas Sasongko.

Pasalnya, Glenn Fredly tidak ingin konflik Ambon itu terjadi lagi pada masa depan. Glenn Fredly juga percaya sepak bola adalah produk budaya yang bisa membawa pesan perdamaian.

"Dia (Sani) sempat menjadi tukang ojek dan dalam keterbatasan itu dia mampu membangun sepak bola di desanya," kata Glenn Fredly saat menghadiri konferensi pers peluncuran film pada tahun 2014.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X