Gong Oh-kyun, Pelatih Timnas U-19 Pengganti Fakhri Husaini

Kompas.com - 10/01/2020, 20:30 WIB
Pemain timnas Indonesia U-19, merayakan kemenangan setelah melawan timnas Korea Utara U-19 pada laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Timnas U-19 Indonesia sukses mengunci satu tiket ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Timnas Indonesia dan Korea Utara mengakhiri laga dengan skor 1-1. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemain timnas Indonesia U-19, merayakan kemenangan setelah melawan timnas Korea Utara U-19 pada laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Timnas U-19 Indonesia sukses mengunci satu tiket ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Timnas Indonesia dan Korea Utara mengakhiri laga dengan skor 1-1.
|

KOMPAS.com - PSSI resmi telah menunjuk pelatih asal Korea Selatan Gong Oh-kyun untuk melatih tim nasional U-19 Indonesia.

Gong Oh-kyun akan didampingi asisten pelatih Nova Arianto, yang semasa bermain pernah membela Persebaya Surabaya dan Persib Bandung.

Dengan keputusan PSSI itu, Gong Oh-kyun pun telah menggantikan posisi Fakhri Husaini, yang sebelumnya melatih timnas U-19 dan kontraknya tak diperpanjang PSSI.

Gong Oh-kyun merupakan mantan asisten pelatih timnas U-20 Korea Selatan.

Baca juga: Episode PSSI Vs Fakhri Husaini dalam Drama Shin Tae-yong

Saat menjabat, pria kelahiran 10 September 1974 itu berperan dalam membawa anak asuhnya meraih gelar runner-up Piala Dunia U-20 tahun 2019.

Ketika masih bermain, Gong Oh-kyun pernah membela Daejeon Citizen, Gyeongnam FC, dan Shunsine Coast FC.

Terpilihnya Gong Oh-kyun berlawanan dengan apa yang disarankan oleh Fakhri terkait pelatih timnas U-19.

Fakhri berpendapat bahwa pelatih lokal merupakan sosok yang paling tepat untuk menangani pemain-pemain Indonesia.

Baca juga: PSSI: Fakhri Husaini Pelatih Bagus, Sayang kalau Tidak Dimanfaatkan

"Rekomendasinya adalah pelatih lokal," kata eks gelandang timnas Indonesia itu.

"Tidak ada satu pun pelatih di dunia ini yang lebih paham pemain Indonesia selain orang Indonesia. Jangan merasa asing selalu lebih baik dari lokal," tutur dia.

Selama menjadi pelatih kepala timnas U-16 dan U-19 Indonesia (2017-2019), Fakhri mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-16 2018 dan lolos ke Piala Asia U-19 2020 sebagai juara grup fase kualifikasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X