PSSI Lunasi Utang Rp 2,1 Miliar kepada Nine Sport Inc

Kompas.com - 27/06/2019, 14:27 WIB
Logo PSSI. Dok. PSSILogo PSSI.

KOMPAS.com - CEO Nine Sport Inc (NSI), Arif Putra Wicaksono, menyatakan bahwa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) telah melunasi tanggung jawab utang kepada pihaknya.

Sebelumnya, pada Maret 2019 lalu, Nine Sport Indonesia selaku promotor pertandingan sepak bola menagih utang kepada PSSI sebesar 150.000 dollar AS (sekitar Rp 2,1 miliar).

Namun, Arif bersyukur bahwa pada akhirnya tunggakan tersebut telah berhasil dituntaskan oleh PSSI.

Baca juga: Indonesia Open 2019 Jadi Tantangan dan Penentu Menuju Olimpiade 2020

"Saya mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya karena setelah lima tahun, PSSI telah menjalankan tanggung jawabnya," kata Arif dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (27/6/2019).

"Mereka telah menyelesaikan kewajiban sebagaimana tertulis dalam surat perjanjian utang piutang nomor: 007/PHP/DAFA-PSSI/XIII/2014 antara PSSI dan PT Dafa Creative yang dimiliki oleh saya pribadi," tuturnya.

Perkara utang piutang berawal dari PSSI yang meminjam dana kepada NSI (PT Dafa Creative House) pada September 2014 untuk membiayai tim nasional U-19 B dalam melakukan persiapan AFF U-19 di Vietnam.

Pada saat yang bersamaan, Nine Sport sedang menjajaki kerja sama untuk membawa timnas U-19 A ke Spanyol, dan jika berhasil dana pinjaman U-19 B akan dibayar melalui kerja sama ini.

Namun, Nine Sport Inc akhirnya menyatakan tidak sanggup karena kesulitan mencari sponsor, tetapi Ketua PSSI saat itu, La Nyalla Mattalitti, mawajibkan timnas U-19 tetap berangkat.

Alhasil, La Nyalla Mattalitti mengajak urunan bersama dan beliau menyarankan untuk mengambil dana PSSI sebesar 6 miliar di SCTV serta menayangkannya di stasiun televisi tersebut.

 Sementara itu, NSI membayar sisanya dari total Rp 8,8 miliar.

Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti.Dok. PSSI Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X