Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Terbuka untuk Emil Audero Bela Timnas Indonesia, Tanpa Paksaan

Kompas.com - 20/04/2024, 08:30 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberi isyarat baik terkait proses naturalisasi penjaga gawang keturunan Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Emil Audero adalah kiper berdarah Indonesia yang sedang memperkuat gawang Inter Milan di Liga Italia.

Erick menegaskan bahwa PSSI tidak ingin memaksakan pemain untuk bermain di timnas Indonesia.

Ia mencontohkan pemain diaspora sebelumnya, Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On, yang bermain tanpa paksaan setelah tiba di Indonesia.

“Sama seperti Emil Audero, saya berbicara bahwa kita tetap terbuka, tetapi kita tidak mau istilahnya memaksakan,” kata Erick Thohir, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Kata Pelatih Yordania Soal Timnas U23 Indonesia

“Karena seperti yang teman-teman tanyakan, Justin Hubner mendarat, langsung main. Nathan Tjoe-A-On datang, langsung main, artinya tidak paksaan,” jelasnya.

Mantan Presiden Inter Milan itu berharap para pemain yang datang ke timnas Indonesia memang berkomitmen untuk membela skuad Merah Putih meskipun dengan risiko cedera. 

“Mereka (Justin & Nathan) langsung main, dengan risiko cedera. Mereka ingin membela Merah Putih, itu yang kita harapkan,” ujar Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick memperingatkan tentang stigma pemain bayaran di timnas Indonesia. Ia mengatakan bahwa seluruh pemain timnas saat ini bermain demi membela bendera Merah Putih.

Erick juga memastikan bahwa PSSI selalu melakukan transparansi administrasi dan seleksi terhadap para pemain yang bergabung di skuad Garuda.

Baca juga: Saat Legenda Timnas Indonesia Angkat Topi untuk Ernando Ari...

“Silahkan cek para pemain yang ada di timnas Indonesia, jangan ada stigma pemain bayaran. Mereka semua mau membela Indonesia. Bisa disaksikan di administrasi PSSI tidak ada bayar-bayaran, semua transparan,” tegas Erick Thohir.

Kabar mengenai Emil Audero yang ingin bergabung ke timnas Indonesia muncul setelah dirinya mengunggah emoji bendera Merah Putih di akun Instagram pribadinya.

Penjaga gawang berusia 27 tahun itu tercatat telah menjalani sepuluh pertandingan di timnas Italia U21 dan belum kunjung meraih debut bersama Gli Azzurri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com