Pemain Garuda Select Alami Progres dari Segi Mental, Fisik, dan Taktik

Kompas.com - 18/05/2019, 03:30 WIB
Skuad Garuda Select menjalani latihan di Aston Recreation Centre Birmingham jelang laga melawan Chelsea U-16 pada Sabtu (11/5/2019).KOMPAS.com/Eris Eka Jaya Skuad Garuda Select menjalani latihan di Aston Recreation Centre Birmingham jelang laga melawan Chelsea U-16 pada Sabtu (11/5/2019).

KOMPAS.com - Pemain Garuda Select merasakan dampak positif dari segi mental, fisik, dan pemahaman taktik usai menjalani program latihan di Inggris selama lima bulan.

Salah satu pemain Garuda Select, Supriadi, mengaku bahwa pengetahuannya tentang permainan sepak bola mengalami kemajuan pesat ketimbang sebelumnya.

Pengakuan itu diutarakan Suprianto pada sesi konferensi pers Garuda Select di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (17/5/2019) malam.

Baca juga: Persela Vs Madura United, Tim Tamu Menangi Derbi Jawa Timur

"Sekarang rasanya mental saya lebih berani. Saya juga percaya diri saat menguasai bola. Sebelum latihan di Inggris, saya cuma asal main dan lari-lari saja," kata Supriadi.

"Dari segi posisi bermain dan taktik juga berbeda. Saya merasakan betul bagaimana saat ditugaskan jadi striker, kemudian diubah jadi pemain sayap," tutur dia.

Supriadi juga membahas soal set-piece (situasi bola mati) yang harus dilakukan dengan cepat.

"Pelatih menyuruh kami ketika melakukan set-piece harus cepat. Mungkin karena tipe main di Inggris itu memang cepat," ucap Supriadi.

Dari aspek fisik, para pemain mengalami perkembangan yang cukup pesat karena didukung fasilitas dan metode memadai.

Setiap bulan, pemain Garuda Select melakukan yo yo test (semacam tes lari khusus) untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan fisik mereka.

Baca juga: Iker Casillas Tanggapi Pernyataan soal Pensiun

Program Garuda Select ini digagas oleh SuperSoccer TV yang juga bekerja sama dengan PSSI.

Garuda Select merupakan bagian dari program Elite Pro Academy (EPA) klub Liga 1 U-16 dan U-18 yang nantinya diproyeksikan untuk Olimpiade 2024.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X