Pemilik Suara Jagokan Komjen M Iriawan Jadi Ketum PSSI

Kompas.com - 04/03/2019, 10:10 WIB
Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan saat diwawancarai media usai dilantil oleh Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai Penjabat Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIPenjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan saat diwawancarai media usai dilantil oleh Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai Penjabat Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018).
|

KOMPAS.com - Bursa ketua umum PSSI mulai ramai. Terbaru, sejumlah asosiasi provinsi (Asprov) PSSI, komite eksekutif PSSI, dan klub sepak bola, menyatakan dukungan kepada Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan untuk maju sebagai ketua umum PSSI. 

“Sangat cocok memimpin PSSI,” kata Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta Uden Kusumawijaya di Jakarta, Senin (4/3/2019).

M Iriawan, atau lebih akrab disapa Iwan Bule, saat ini menjabat Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Iwan yang mantan Kapolda Jawa Barat ini juga menjadi Pembina Persib Bandung sejak 2009.

Selain dikenal tegas, kata Uden, Iwan Bule juga dikenal bersih, berintegritas dan profesional. “PSSI membutuhkan sosok yang tegas dan bersih,” tutur Uden.

Dukungan kepada Iriawan juga disampaikan Ketua Asprov PSSI Jawa Barat Tommy Apriantono, anggota Komite Eksekutif PSSI Yunus Nusi, dan Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar.

Baca juga: Juara Piala AFF U-22, 4 Pertanyaan untuk Marinus, Sang Top Scorer

Ketua Asprov PSSI Jabar Tommy Apriantono mendukung Iwan Bule untuk maju dalam bursa pencalonan Ketum PSSI. Tommy yakin, Iwan bisa membawa perubahan bagi persepakbolaan di Indonesia.

“Pak Iwan sebagai calon dari Jabar," katanya.

Senada dengan Tommy, Anggota Komite Eksekutif PSSI Yunus Nusi menilai Iwan sebagai sosok tepat untuk menjabat ketua umum PSSI. “Apalagi Pak Iwan punya cukup banyak waktu,” ujarnya.

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengaku sudah pasti akan mengajukan Iwan Bule sebagai calon Ketum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang sudah diputuskan secara bulat oleh Komite Eksekutif PSSI untuk digelar dalam waktu dekat, usai penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Ketum PSSI Joko Driyono sebagai tersangka match fixing (mafia pengaturan skor pertandingan).

“PSSI membutuhkan sosok berani seperti Maung (harimau) untuk membersihkan PSSI, dan karakter itu ada pada diri Pak Iwan,” katanya.

Baca juga: Cetak Gol untuk Marseille, Balotelli Lakukan Selebrasi Unik

Umuh mengaku sudah benar-benar mengetahui karakter dan jiwa kepemimpinan atau leadership Iwan Bul. Selain pernah menjadi Kapolda Jabar, Iwan juga menjadi Pembina Persib sejak 2009, serta Penjabat Gubernur Jabar selama proses Pilkada Jabar 2018.

“Kami yakin Pak Iwan akan mampu membawa PSSI ke arah yang lebih baik, terutama menciptakan prestasi sepak bola di percaturan internasional. Leadership dan integritas beliau sudah teruji,” katanya.

Selain Iwan Bule, ada sejumlah nama yang berambisi memimpin PSSI seperti Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Erick Thohir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X