Kompas.com - 04/10/2018, 19:31 WIB
Imam Nahrawi memberikan sambutan dalam seminar bertajuk Kebangkitan Olahraga Indonesia Pasca Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Aula RS MMC, Jakarta, Kamis (4/10/2018). KOMPAS.COM/ANNISA NURFADILA PUTRIImam Nahrawi memberikan sambutan dalam seminar bertajuk Kebangkitan Olahraga Indonesia Pasca Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Aula RS MMC, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengingatkan seluruh pihak untuk turut serta menjadi bagian penting dalam mempersiapkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. 

Saat ini, Indonesia mengincar posisi sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Hal tersebut karena Komite Olimpiade Internasional (IOC) belum menentukan tuan rumah pada tahun tersebut.

Kesuksesan Asian Games kemarin turut menjadi perhatian banyak pihak. Hal tersebut makin membuat Indonesia lebih percaya diri menjadi tuan rumah Olimpiade.

Baca Juga: Ditekuk Barcelona di Liga Champions, Pelatih Tottenham: Lionel Messi Menghabisi Kami

Imam mengatakan bahwa kesuksesan Asian Games kemarin menjadi catatan sejarah bagi Indonesia.

"Asian Games kemarin atas dukungan semuanya, seluruh 263 juta penduduk Indonesia ini alhamdulillah kita memiliki sejarah yang baik bagi negeri ini, luar biasa," kata Imam dalam sambutannya pada seminar bertajuk "Kebangkitan Olahraga Indonesia Pasca Asian Games dan Asian Para Games 2018" di Aula RS MMC, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Usai Asian Games, Indonesia masih harus menjamu kontingen Asia dalam ajang Asian Para Games 2018.

Imam juga menambahkan, persiapan Olimpiade harus dipersiapkan mulai dari sekarang meski Indonesia masih memiliki waktu 14 tahun.

"Tidak hanya Asian Games, tapi kita siapkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Persiapkan dari sekarang, tidak hanya kepada atlet tapi semua. Saya kira kita harus betul-betul menyiapkan," ujarnya.

Asian Games kemarin sekaligus menjadi ajang untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah event yang lebih besar.

"Perhelatan Asian Games tidak semata-mata menghasilkan prestasi yang gemilang, tapi juga dalam rangka Asian branding, dalam rangka juga bagaimana negara ini harus betul-betul di-branding sebagai negara yang bisa menjadi tuan rumah yang baik dan layak bagi sebuah perhelatan akbar," tambahnya.

Indonesia masih memiliki banyak waktu untuk berbenah menyiapkan arena, anggaran, fasilitas, dan sumber daya manusia untuk menunjang perhelatan besar Olimpiade.

Komite Olimpiade Internasional belum menentukan tuan rumah Olimpiade 2032. Namun, Olimpiade 2020 akan diadakan di Tokyo. Sementara, Paris ditetapkan sebagai tuan rumah 2024, menyusul Los Angeles pada 2028.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.