Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Olimpiade, STY Sebenarnya Ingin Indonesia Vs Korsel di Final Piala Asia U23

Kompas.com - 24/04/2024, 04:45 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Shin Tae-yong sebenarnya ingin melihat duel timnas U23 Indonesia dan Korea Selatan di final Piala Asia U23 2024

Namun, keinginan Shin Tae-yong tak terwujud sebab timnas U23 Indonesia dan Korea Selatan lebih awal bertemu di perempat final. 

Duel Korea Selatan vs Indonesia bakal berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB. 

Timnas U23 Indonesia lolos ke perempat final sebagai runner-up Grup A, sedangkan Korea Selatan berstatus juara Grup B seusai menang 1-0 atas Jepang. 

Baca juga: Cara Shin Tae-yong Motivasi Bangkit Timnas hingga Lolos 8 Besar Piala Asia U23

Shin Tae-yong mengatakan, ia sejatinya ingin Indonesia dan Korea Selatan bertemu di final agar kedua tim sama-sama melaju ke Olimpiade. 

"Seperti apa yang dibicarakan ke media Korea, jujur inginnya bertemu Jepang (di perempat final)," kata Shin Tae-yong. 

"Mau bertemu Korea Selatan itu di final biar bisa lolos sama-sama ke Olimpiade dan bersenang-senang ikut Olimpiade bersamaan," ujarnya. 

"Namun, kita tahu tidak bisa menentukan hasil pertandingan. Jadi, kami tetap akan bekerja keras untuk mempersiapan diri melawan Korea Selatan," imbuh Shin Tae-yong. 

Baca juga: Pelatih Timnas U23 Korea Terkejut dengan STY, Indonesia Lawan Sulit

Ini merupakan kali pertama Shin Tae-yong akan menghadapi negara asalnya saat mendampingi timnas Indonesia. 

Meski begitu, Shin Tae-yong mengaku lebih tenang karena timnya punya waktu istirahat lebih lama dan sudah mengenal baik timnas Korea Selatan. 

"Sebenarnya lebih tenang karena kami punya waktu istirahat lebih banyak satu hari daripada lawan dan saya benar-benar tahu lawan seperti apa," ungkap Shin Tae-yong. 

Kelolosan timnas U23 Indonesia ke perempat final Piala Asia U23 2024 membuka peluang Garuda Muda untuk bersaing mengamankan tempat di Olimpiade Paris 2024. 

Namun, Marselino Ferdinan dkk minimal harus lolos dulu ke semifinal. Hanya juara, runner-up, dan tim peringkat ketiga yang pasti melaju ke Olimpiade. 

Sementara itu, tim yang finis di urutan keempat Piala Asia U23 bakal bertanding di babak playoff melawan tim peringkat empat Piala Afrika U23, yaitu Guinea. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com