PSSI Ungkap Alasan Laga Timnas Sering Dilangsungkan di Pulau Jawa

Kompas.com - 26/12/2017, 19:00 WIB
Para pemain timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Guyana pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (25/11/2017). BolaSport.com/Feri SetiawanPara pemain timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Guyana pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (25/11/2017).
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkapkan mengapa pertandingan timnas Indonesia hanya digelar di Pulau Jawa.

Hal itu didasari karena permintaan dari calon lawan timnas Indonesia yang datang ke Tanah Air.

Tercatat, sudah enam pertandingan timnas Indonesia yang digelar di Pulau Jawa selama 2017 ini.

Keenam pertandingan tersebut dilaksanakan hanya di Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang).

Baca juga : PSSI Ungkap Alasan di Balik Penetapan Pemain untuk Indonesia Selection

Padahal, masih banyak stadion bertaraf internasional yang ada di Indonesia, seperti Stadion Batakan (Balikpapan), Stadion Aji Imbut (Tenggarong), dan Stadion Jaka Baring (Palembang), ataupun Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Menurut Tisha, pertandingan tersebut sesuai permintaan dari calon lawan timnas Indonesia.

Calon lawan timnas Indonesia yang datang itu harus berpikir berulang kali apabila melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke kota-kota lain.

"Lawan yang kami datangkan itu tidak mau travel lagi. Mereka naik bus ke Bandung saja mikir, apalagi pesawat. Perjalanannya secara internasional, secara flight-nya ya begini," kata Tisha.

"Contohnya, dari negara Amerika Selatan yang harus istirahat terlebih dahulu setelah tiba di Jakarta beberapa hari, mereka harus melakukan perjalanan lagi ke daerah lain, lalu istirahat, dan baru melakukan pertandingan. Itu bisa lebih lama di Indonesia," kata Tisha.

Baca juga : PSSI Incar Indonesia Masuk 10 Besar Asia dan Tuan Rumah Piala Dunia

Lebih lanjut, Tisha mengatakan bahwa PSSI juga memiliki sebuah aturan apabila mengirimkan timnas Indonesia bertanding di luar negeri.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, berbicara kepada media pada acara Press Conference AFF Award di Nusa Dua, Bali, 23 September 2017.YAN DAULAKA/BOLASPORT.COM Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, berbicara kepada media pada acara Press Conference AFF Award di Nusa Dua, Bali, 23 September 2017.

Setidaknya, peraturan tersebut harus dilaksanakan oleh pengundang yang mendatangkan calon lawannya itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X