Kompas.com - 29/05/2017, 06:19 WIB
Francesco Totti ditemani istri dan ketiga anaknya memberi ucapan perpisahan kepada publik Olimpico seusai laga antara AS Roma dan Genoa, Minggu (28/5/2017). AFP/VINCENZO PINTOFrancesco Totti ditemani istri dan ketiga anaknya memberi ucapan perpisahan kepada publik Olimpico seusai laga antara AS Roma dan Genoa, Minggu (28/5/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

ROMA, KOMPAS.com - Francesco Totti mengakhiri perjalan kariernya di sepak bola profesional pada Minggu (28/5/2017). Laga kontra Genoa di Stadion Olimpico itu menjadi kali terakhir Totti berkostum AS Roma.

Seusai pertandingan, Totti melakukan victory lap ke segala penjuru stadion untuk membalas aplaus penonton. Setelah itu, dia mengucapkan salam perpisahan sambil membaca surat kepada suporter sambil berlinang air mata.

"Kita semua berada di sini. Momen itu akhirnya tiba. Ini momen yang sebenarnya saya harapkan tidak pernah terjadi," kata Totti kepada publik Olimpico, seperti dilansir dari Football Italia.

"Dalam beberapa hari terakhir, ada banyak hal dikatakan soal saya, hal-hal indah. Kalian semua berada di belakang saya, mendukung saya dalam periode sulit. Karena itulah, saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua."

Baca juga: Lippi Mengklaim Totti Tak Pernah Mengatakan Pensiun

Saat melakukan ucapan perpisahan, Totti ditemani oleh sang istri, Ilary Blasi, yang dinikahinya sejak 2005.

"Saya menangis karena kebersamaan selama 25 tahun ini tak mungkin dilupakan. Terima kasih semuanya, meski ini tak mudah bagi saya. Saya telah berbicara dengan istri saya tentang tahun-tahun tersebut."

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ayah, ibu, saudara, dan teman-teman. Terima kasih kepada istri dan ketiga anak saya. Saya memulainya dari mereka karena tak yakin bisa mengakhirinya."

AFP/VINCENZO PINTO Francesco Totti menjalani laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional pada laga antara AS Roma dan Genoa di Stadion Olimpico, Minggu (28/5/2017).

"Sulit melukiskan perjalanan 28 tahun dalam beberapa frasa. Saya sebenarnya ingin melakukannya dengan nyanyian atau puisi. Namun, saya tak jago dalam keduanya."

"Saya hanya mencoba menunjukkan dengan kaki-kaki saya. Sebab, segalanya terlihat mudah dengan cara itu."

Totti mengakhiri karier setelah bermain untuk AS Roma selama 24 musim atau 25 tahun sejak melakoni debutnya. Dia mempersembahkan gelar juara Liga Italia alias scudetto pada musim 2000-2001.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.