Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaleidoskop Persib 2022: Kalah Berburu Gelar, Badai Cedera, dan Bangkit

KOMPAS.com - Tahun akan berganti, banyak kisah yang dilalui Persib Bandung selama 2022. Suka cita kemenangan, kekalahan menyesakkan, hingga lepasnya perburuan gelar. 

Sebagai klub besar yang tumbuh dengan kekuatan finansial sehat dan dukungan suporter bobotoh begitu besar, Persib mantap melanjutkan perjalanan di Liga 1 2022-2023.

Berikut rentetan jatuh bangunnya Persib sepanjang 2022 yang dirangkum singkat dalam Kaleidoskop Persib 2022:

1 - David da Silva dan Bruno Cantanhede.

Mengawali 2022, Persib menatap optimistis putaran kedua Liga 1 2021-2022 seri Bali.

Usai menyudahi kerjasama dengan Wander Luiz dan Geoffrey Castillion, Robert Rene Alberts sang pelatih saat itu mendatangkan amunisi baru duo Brasil David da Silva dan Bruno Cantanhede.

Cantanhede menjawab kepercayaan di laga debutnya melawan Persita Tangerang lewat gol tendangan penaltinya Jumat (7/1/2022).

Sementara, David da Silva harus menunggu sampai laga kelima melawan PSS Sleman (11/2/2022) untuk membuka keran golnya untuk Persib.

Periode awal Februari 2022 menjadi situasi paling sulit untuk Persib. Secara bergantian para pemain terpapar Covid-19, total ada 27 pemain absen.

Praktis Persib harus memainkan beberapa laga tanpa pemain inti. Maung Bandung pun mampu menang melawan Persikabo 1973 tanpa 9 pemain yang terpapar Covid pada Sabtu (29/1/2022).

2 - Persib gagal dalam perburuan gelar Liga 1 2021-2022.

Pekan ke-27 Liga 1 2021-2022, Persib mampu mengalahkan Persija Jakarta, Selasa (1/3/2022) lewat dwigol David da Silva.

Kemenangan berarti karena bisa mengerucutkan peta persaingan perburuan gelar juara kepada dua tim yakni Bali United dan Persib.

Pada pekan sama, pesaing terdekat Maung Bandung, Arema FC, dikalahkan Persik Kediri pada Minggu (27/2/2022).

Persib kembali menegaskan persaingan menuju tangga juara dengan mengalahkan Arema FC 2-1 pada pekan ke-30, Rabu (9/3/2022).

Tersisa empat laga sisa, tim arahan Robert Alberts penuh tekanan karena tertinggal tiga poin untuk mengejar Bali United di puncak klasemen.

Saat membutuhkan tiga poin penuh, Persib tertahan di laga kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (19/3/2022), ketika gol DDS dibalas gol Ricky Kambuaya. 

Sementara, di pertandingan lain, Bali United mendulang kemenangan 2-0 atas Madura United.

Bali United akhirnya memastikan gelar pada pekan ke-33, setelah Persib kembali menelan hasil imbang 0-0 kontra Persik.

Pertandingan terakhir pekan ke-34 sudah tidak berarti karena poin Persib (68) tak mampu lagi mengejar perolehan Bali United (72).

Supardi cs harus puas berada di posisi runner-up. Meski demikian, Persib membuka jalan untuk tampil di Kompetisi Asia 2023 mendatang.

3 - Rekrut para bintang Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Ciro Alves, dan Daisuke Sato.

Masih di bawah arahan pelatih asal Belanda Robert Alberts, Persib bergeliat di bursa transfer awal musim mempersiapkan diri menuju edisi baru Liga 1 2022-2023.

Berita panas dan mengagetkan datang, ketika Persib mengumumkan bintang-bintang Persebaya level Timnas Indonesia yakni Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto merapat ke Bandung.

Ricky Kambuaya mencatat 18 penampilan dengan 6 gol bersama Persebaya musim lalu.

Sementara Rachmat Irianto melakukan 21 penampilan bersama Bajul Ijo. Gerak cepat Persib juga sukses mendaratkan Ciro Alves yang mencetak 20 gol musim sebelumnya untuk Persikabo 1973.

Ekspektasi semakin tinggi, karena tim Pangeran Biru juga menjalin kesepakatan dengan bek kiri Timnas Filipina Daisuke Sato.

Rekrutan-rekrutan baru tersebut sebagai langkah antisipasi Robert, berusaha menutupi kekurangan tim sebelumnya.

4 - Kematian dua Bobotoh

Kematian suporter, dua bobotoh di pintu masuk Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) jelang laga Grup C Piala Presiden 2022 antara Persebaya vs Persib 17 Juni 2022 tidak bisa dilupakan begitu saja.

Bobotoh berduka atas meninggalnya Asep Ahmad Solihin dan Sofian Yusuf setelah mereka berhimpitan ketika hendak masuk ke stadion. 

Suasana laga tersebut penuh sesak dengan atmosfer tinggi di dalam maupun di luar lapangan.

Bobotoh tak bertiket memaksa masuk, hingga aparat kepolisian kewalahan saking banyaknya penonton yang hadir. 

Kematian tersebut menjadi catatan kelam GBLA dan Persib dalam persepakbolaan Indonesia. 

Atas kejadian itu, Panpel Persib pun berbenah. Muncul regulasi atau mekanisme baru alur pembelian tiket hingga bisa masuk ke stadion dengan aman dan nyaman. 

Mekanisme pembelian tiket online yang ditukar fisik tersebut dipertahankan hingga Persib mentas di Liga 1 2022-2023 dan mendapat apresiasi serta dianggap lebih baik.

5 - Badai cedera Persib.

Petaka yang tak terkira datang, dimulai dengan cederanya Teja Paku Alam penjaga gawang utama Persib, alami patah tulang jari di persiapan pramusim menuju Liga 1 2022-2023.

Disusul Victor Igbonefo, insiden gol penyama kedudukan di pertandingan pramusim Piala Presiden 2022 kontra Persebaya membuat Igbonefo harus absen lama.

Ia mengalami patah tulang pipi yang rawan, mengharuskan tindakan operasi.

Penyerang yang baru didaratkan Persib menyusul di laga yang sama, Ciro Alves alami patah tulang bahu. 

Berturut-turut cedera dialami Nick Kuipers, Ezra Walian, I Made Wirawan, David da Silva, Febri Hariyadi, Beckham Putra.

Secara bergantian para pemain tersebut masuk program rehabilitasi karena beragam cedera mulai cedera lutut, hamstring, dan engkel.

David Rumakiek bek kiri Persib yang baru didatangkan pun harus menjalani operasi lutut Anterior Cruciate Ligament (ACL) setelah alami benturan di latihan.

Desember 2022, Febri Hariyadi dan David da Silva tersungkur karena cedera hamstring.

Reky Rahayu cedera ligamen bahu, lalu cedera horor Zalnando dislokasi engkel membuatnya absen kemungkinan sampai musim 2022-2023 berakhir.

6 - Robert Rene Alberts Out

Banyak pemain yang kurang prima karena cedera, turut membuat Robert Alberts kewalahan dalam mengawali musim Liga 1 2022-2023.

Persib mengawali liga dengan buruk, usai ditahan imbang Bhayangkara FC 1-1 Minggu (24/7/2022), Maung Bandung menderita kekalahan di kandang sendiri oleh Madura United Sabtu (30/7/2022) dengan skor 1-3. 

Tim arahan Robert juga gagal melakukan penebusan kala bertandang ke Segiri Samarinda, Maung Bandung kandas 1-4 oleh Borneo FC, Minggu (7/8/2022).

Hasil di tiga pertandingan itu merupakan catatan terburuk Persib dalam mengawali musim selama kompetisi era Liga 1 (2017). 

Serangkaian hasil tak ideal itu membuat Bobotoh menggelar aksi di jalanan, menggeruduk kantor Persib di Jl Sulanjana Bandung, menyerukan sang arsitek asal Belanda mundur dari jabatannya.

Tuntutan terpenuhi, Robert akhirnya mengundurkan diri dari kursi pelatih Persib pada Rabu (10/8/2022), posisinya sementara digantikan oleh Budiman sebagai caretaker.

Kemenangan mampu dicatat pasca kepergian Robert, Persib arahan Budiman mendulang dua kemenangan beruntun melawan PSIS Semarang (2-1) dan PSS Sleman (1-0) sebelum dikalahkan Bali United (2-3) dan PSM Makassar (1-5) dengan cukup memalukan.

7 - Luis Milla resmi tangani Persib

Penunjukkan Luis Milla sebagai entrenador baru Persib Bandung merupakan pergerakkan yang cukup cepat dari manajemen usai keluarnya Robert Albert.

Milla resmi diumumkan pada Jumat (19/8/2022) dan seketika jadi kabar mengejutkan dan isu panas di sepak bola Indonesia.

Eks pelatih Timnas Indonesia itu terbilang punya harga pasar yang cukup tinggi untuk mau melatih klub Indonesia. 

Tetapi Persib mampu mendatangkan pelatih berlisensi Pro UEFA ini ke tanah Pasundan. 

Tidak mudah bagi Milla masuk di tengah kompetisi yang sudah berjalan, dengan materi pemain bukan pilihannya.

Pelatih berusia 56 tahun itu dituntut untuk membawa bangkit Persib yang sempat terpuruk di posisi 17 klasemen. 

Ia mulai menata tim mulai dari aspek fisik dimana Milla menggenjot fisik pemain hingga tidak diperbolehkan minum dalam satu kali sesi latihan pembuka.

8 - Bangkit, 9 laga tak terkalahkan.

Polesan pelatih asal Spanyol ini benar-benar manjur, Luis Milla mencatatkan debut melatih Persib di laga kontra RANS Nusantara FC Minggu (4/9/2022). 

Persib memetik kemenangan 2-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kemenangan saat itu ia persembahkan untuk almarhum Ajun, kit-man tim.

Keberuntungan menaungi Milla, selanjutnya ia membawa Maung Bandung ‘mengaum’ di Kanjuruhan dengan cara membungkam Arema FC 2-1, Minggu (11/9/2022).

PS Barito Putera lalu ditekuk dengan skor 5-2, Jumat (16/9/2022) di GBLA.

Momen kebangkitan sementara terhenti karena tragedi Kanjuruhan. Liga 1 2022-2023 ditunda sementara sampai dua bulan lamanya.

Kembali dari jeda, tren positif Persib rupanya masih berlanjut di sistem bubble Jawa Tengah.

Achmad Jufriyanto dan kolega menjalani enam pertandingan dalam 18 hari di Bulan Desember masih tanpa kekalahan.

Sebanyak empat kemenangan ditorehkan dengan cara mengalahkan Persik Kediri (3-0), Persebaya (2-1), Persis Solo (2-1), Persita Tangerang (1-0), dan imbang dari Dewa United (1-1) dan Persikabo (1-1).

Total sembilan laga Luis Milla belum tersentuh kekalahan, membawa Persib kini berada di posisi lima besar (30 pt) dengan selisih tiga poin dari pemuncak klasemen sementara PSM Makassar (33 pt) menyudahi putaran pertama Liga 1 2022-2023.

https://bola.kompas.com/read/2022/12/28/21300068/kaleidoskop-persib-2022--kalah-berburu-gelar-badai-cedera-dan-bangkit

Terkini Lainnya

Babak Pertama Persib Vs Bali United, Ciro-Febri Bawa Maung Unggul 2-0

Babak Pertama Persib Vs Bali United, Ciro-Febri Bawa Maung Unggul 2-0

Liga Indonesia
LIVE Persib Vs Bali United, Gol Febri Hariyadi Bikin Maung Bandung Unggul 2-0

LIVE Persib Vs Bali United, Gol Febri Hariyadi Bikin Maung Bandung Unggul 2-0

Liga Indonesia
LIVE Persib Vs Bali United, Ciro Cetak Gol, Persib Unggul 1-0

LIVE Persib Vs Bali United, Ciro Cetak Gol, Persib Unggul 1-0

Liga Indonesia
Momen Pochettino Merasa Bakal Dipecat Saat di Chelsea

Momen Pochettino Merasa Bakal Dipecat Saat di Chelsea

Liga Inggris
LIVE Persib Vs Bali United, Aksi Heroik Kevin Mendoza Gagalkan Tendangan Ricky Fajrin

LIVE Persib Vs Bali United, Aksi Heroik Kevin Mendoza Gagalkan Tendangan Ricky Fajrin

Liga Indonesia
LIVE Persib Vs Bali United, Febri Hariyadi Diganjar Kartu Kuning

LIVE Persib Vs Bali United, Febri Hariyadi Diganjar Kartu Kuning

Liga Indonesia
Hasil Thailand Open 2024: Rinov/Pitha Gugur, Febriana/Amalia Lolos ke Final

Hasil Thailand Open 2024: Rinov/Pitha Gugur, Febriana/Amalia Lolos ke Final

Badminton
Si Jalak Harupat Masih Harus Gunakan VAR Mobile, Belum Bisa Permanen

Si Jalak Harupat Masih Harus Gunakan VAR Mobile, Belum Bisa Permanen

Liga Indonesia
Arne Slot Pastikan Jadi Pengganti Juergen Klopp di Liverpool

Arne Slot Pastikan Jadi Pengganti Juergen Klopp di Liverpool

Liga Inggris
Phil Foden Terpilih Jadi Pemain Terbaik Premier League 2023-2024

Phil Foden Terpilih Jadi Pemain Terbaik Premier League 2023-2024

Liga Inggris
Tiga Fakta Persib Bandung Vs Bali United: Rekor Bagus Serdadu Tridatu

Tiga Fakta Persib Bandung Vs Bali United: Rekor Bagus Serdadu Tridatu

Liga Indonesia
Serbet Kontrak Pertama Lionel Messi di Barcelona Terjual Rp 15,4 Miliar

Serbet Kontrak Pertama Lionel Messi di Barcelona Terjual Rp 15,4 Miliar

Liga Spanyol
Detail Kontrak Thaigo Motta Bersama Juventus

Detail Kontrak Thaigo Motta Bersama Juventus

Liga Italia
Kompetisi Esport Honor Of Kings Invitational Season 2 SEA Qualifier Segera Dimulai, Tim Indonesia Bersiap

Kompetisi Esport Honor Of Kings Invitational Season 2 SEA Qualifier Segera Dimulai, Tim Indonesia Bersiap

Sports
Legenda MU Ryan Giggs Beri Nasihat kepada Pemain Muda di Indonesia

Legenda MU Ryan Giggs Beri Nasihat kepada Pemain Muda di Indonesia

Internasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke