Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketum PSSI soal Elkan Baggott: Tak Mau Menghakimi, Yakin Nasionalisme Masih Ada

Kompas.com - 18/05/2024, 06:40 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berbicara mengenai Elkan Baggott yang tak datang membela timnas U23 Indonesia kala melawan Guinea dalam playoff Olimpiade 2024.

Elkan Baggott sempat menjadi sorotan publik pencinta sepak bola Tanah Air setelah disebut tak memberikan respons atas pemanggilan ke timnas Indonesia dalam playoff Olimpiade 2024.

Padahal, timnas U23 Indonesia tengah membutuhkan amunisi tambahan guna menghadapi Guinea demi meraih tiket Olimpiade 2024.

Walau demikian, Erick Thohir menegaskan, dirinya tidak mau untuk memberikan penghakiman terhadap Elkan Baggott yang disebut tak nasionalis oleh netizen Indonesia.

Baca juga: Alasan Elkan Baggott Tidak Dipanggil Timnas

Menurut Erick Thohir, tidak mudah untuk memanggil pemain yang berkarier di luar negeri saat sebuah turnamen tak masuk kalender FIFA.

Elkan memang tidak ikut mentas bersama timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024 karena tak mendapatkan izin dari klubnya, Bristol Rovers.

“Saya tidak bisa menghakimi seperti itu, saya selalu katakan kalender-kalender itu penting, tak bisa dadakan,” ucap Erick Thohir dalam program “Rosi” di Kompas TV pada Kamis (16/5/2024).

“Jika dilihat persiapan timnas U23 dan kondisi tim saat Piala Asia U23 2024 ini memang tak masuk kalender FIFA,” katanya lagi.

Baca juga: Daftar Skuad Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Tanpa Maarten Paes dan Elkan Baggott

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menjelaskan, dirinya tak mempunyai otoritas untuk mengatur penjadwalan kompetisi di luar Indonesia.

Erick Thohir mencontohkan saat di Liga Indonesia, dirinya bisa memberhentikan kompetisi demi kepentingan timnas U23 Indonesia.

“Nah, pemain yang di luar negeri saya tidak mempunyai otoritas memberhentikan liga atau memaksa klub,” kata dia.

“Jadi, harus berjuang dengan Ivar Jenner, Rafael Struick, Marselino, lalu ada kesepakatan dengan klub indonesia dan susah payah untuk Justin Hubner,” tutur dia.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengungkapkan bahwa dirinya merasa yakin sikap nasionalisme Elkan Baggott masih ada, kendati tak memenuhi pemanggilan timnas Indonesia dalam playoff Olimpiade 2024.

Baca juga: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Premier League

“Elkan Baggott memang tak dilepas klub, tetapi apakah terakhir waktu playoff dia memutuskan untuk kegiatan lain, saya tak bisa komentar karena itu hak pribadi, tetapi gini, saya yakin nasionalisme masih ada,” ucapnya.

Adapun saat ini, Elkan Baggott tidak dipanggil Shin Tae-yong ke timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia bakal melakoni duel menghadapi Irak dan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com