Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Marc Klok, Kapten Baru Persib Bandung

BEKASI, KOMPAS.com - Marc Klok dipilih menjadi kapten baru Persib Bandung pada laga pembuka Liga 1 2022-2023 dalam pertandingan Bhayangkara FC vs Persib Bandung, Minggu (24/7/2022), di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi.

Ada dua kapten Persib yang tidak diboyong ke Cikarang, yakni Victor Igbonefo dan I Made Wirawan, karena mengalami cedera. Dua kapten lainnya Achmad Jufriyanto serta Dedi Kusnandar tidak bermain sejak menit pertama.

Klok menuturkan hal yang bagus buat seorang pemain dipercaya menjadi kapten oleh pelatih dan pemain lainnya di dalam tim. Tidak mudah karena Persib adalah klub besar di Indonesia.

"Ya perasaan menjadi kapten pasti baik untuk tim yang besar di Indonesia. Saya ucapkan terima kasih kepada coach sudah menunjuk saya jadi kapten di musim ini," kata Klok.

Menurut Klok, semua pemain punya jiwa kepemimpinan sebagai kapten di lapangan. Namun, hanya ada satu suara di pertandingan mewakilinya yang akan berkomunikasi kepada wasit. 

“Untuk saya, semua 11 pemain adalah kapten di tim, kami sama-sama kerja keras semua. Namun, kami di lapangan ada satu suara,” kata Klok.

Dengan pengalamannya, Klok berusaha membantu tim mewakili suara di tim untuk berkomunikasi dengan wasit. Hanya satu suara yang berhak berargumen dengan wasit dan itu adalah kapten. 

Selain itu, Klok juga turut memotivasi tim, menjaga kekompakan, disiplin dalam bekerja, dan memberikan contoh baik kepada pemain lain utamanya kepada pemain junior.

“Saya pikir dengan pengalaman saya, saya punya suara yang baik untuk mereka demi ambil juara di musim ini,” kata pemain timnas Indonesia ini.

"Saya kasih motivasi, saya mau kasih contoh dan itu rasa pasti baik, tetapi ini bukan untuk saya, tetapi untuk tim. Saya mau semua pemain, 11 pemain di lapangan punya suara yang keras dan punya mentalitas yang tinggi," ucap Klok.

Sayang pada pertandingan pertama Liga 1 2022-2023 Bhayangkara FC vs Persib Bandung, Maung Bandung harus rela berbagi poin.

Padahal Persib punya potensi besar memenangi pertandingan andai keunggulan 2-1 tak disamakan gelandang Bhayangkara FC Sani Rizki Fauzi pada menit akhir.

"Kami punya mental yang baik dari tertinggal 0-1 dan balik unggul 2-1. Ya akhirnya kami tidak fokus dan memberi ruang," sesal Klok.

Klok terlihat tidak senang dengan hasil imbang 2-2. Hasil tersebut membuat Persib gagal menyamai capaian musim lalu yang mampu menang di pembuka Liga 1.

"Saya tidak senang dengan itu karena kami 'memberi' dua poin ke mereka," ucap Klok.

https://bola.kompas.com/read/2022/07/25/15300068/marc-klok-kapten-baru-persib-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke