Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Panggil Fantastic 5, Totti-Del Piero Ikut Latihan Jelang Euro 2024

Kompas.com - 28/05/2024, 23:36 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Italia akan menghadirkan "Fantastic 5" yang berisi legenda nomor 10. Baggio, Totti, dan Del Piero bakal mendampingi latihan Gli Azzurri jelang Euro 2024.

Ide menarik untuk mengumpulkan nama-nama legendaris pemakai nomor 10 dicetuskan oleh pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti.

"Ketika kami berkumpul untuk persiapan menuju Euro 2024. Saya ingin menghadirkan empat pemain nomor 10 kelas dunia ke Coverciano, Baggio, Del Piero, Totti, dan Antognoni," ucap Spalletti dalam wawancara bersama jurnalis Corriere dello Sport, Ivan Zazzaroni, pada 30 April silam.

"Bayangkan jika 'empat nomor sepuluh' itu hadir dalam salah satu sesi latihan kami, itu akan memotivasi para pemain dan meningkatkan performa mereka," ujar Spalletti menambahkan.

Baca juga: Skuad Timnas Spanyol untuk Euro 2024: 2 Remaja Barca, Tanpa Asensio

Rencana Spaletti disambut dengan tangan terbuka oleh Presiden FIGC, Gabriele Gravina. Para legenda nomor 10 Italia itu dijadwalkan akan mendampingi latihan Gianluigi Donnarumma dkk pada 3 Juni 2024 nanti.

Bahkan, ada tambahan satu nama legenda. Eks pengatur permainan AC Milan, Gianni Rivera, bakal turut serta bersama dengan Giancarlo Antognoni, Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, dan Francesco Totti.

Barisan eks pemakai nomor "keramat" Italia tersebut dilabeli Spalletti dengan sebutan "Fantastici 5" alias "Fantastic Five".

Kelima pemain tersebut selama masih merumput di lapangan hijau dikenal dengan imajinasi dan daya kreasi tinggi di lapangan. Tipe pemain macam mereka kerap dilabeli dengan sebutan "fantasista".

"Perjalanan Italia ke Euro 2024 dimulai di bawah sinar terang dan nasihat berharga dari lima bintang olahraga kami," ucap Gabriele Gravina.

"Kehadiran para juara yang tak terlupakan seperti Antognoni, Baggio, Del Piero, Rivera, dan Totti merupakan bukti cinta yang indah untuk seragam Italia."

"Ini adalah contoh nyata bagaimana sejarah tim nasional adalah warisan berharga yang, melalui generasi berbeda, terus menyala dengan semangat dan kebanggaan, bahkan sebelum bola ditendang," ujar Gravina menjelaskan.

Baca juga: Skuad Italia untuk Euro 2024: Tak Ada Nama Locatelli dan Emil Audero

Pada 3 Juni mendatang, "Fantastic 5" yang terdiri dari Rivera, Antognoni, Baggio, Del Piero, dan Totti bakal seharian mendampingi sesi latihan timnas Italia asuhan Spaletti jelang Euro 2024.

Mereka akan tiba di pagi hari, bertemu dengan pelatih, lalu makan siang bersama tim.

Pada sore hari, Del Piero dkk akan mengenakan jersey khusus dan bergabung langsung dengan anak asuh Spalletti dalam sesi latihan di lapangan.

Skuad timnas Italia besutan Spalletti sudah memulai pemusatan latihan jelang Euro 2024 di Coverciano sejak 31 Mei silam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com