Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malik Risaldi Merapat ke Persebaya, Sempurnakan Trisula Maut

Kompas.com - 18/06/2024, 08:43 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persebaya Surabaya resmi merekrut top skor pemain lokal Liga 1 2023-2024 lalu, Malik Risaldi. Perekrutannya menjadi bukti keseriusan tim mengejar prestasi untuk Liga 1 2024-2025 mendatang.

Kehadiran akan membuat lini depan semakin mematikan. Malik yang berada di posisi winger kanan akan menyempurnakan trisula Persebaya bersama Bruno Moreira di winger kiri dan Flavio Silva di ujung tombak.

Trisula ini akan disokong gelandang box to box Gilson Costa yang punya pengalaman di Liga 2 Portugal bersama Benfica B.

Malik Risaldi diperkenalkan melalui sosial media klub Senin (17/6/2023) sore dan diikat kontrak dengan jangka waktu dua musim.

Baca juga: Persebaya Mulai Persiapan Menuju Liga 1 2024-2025, Rencana Munster

“Malik Risaldi, top scorer lokal Liga 1 2023-2024 resmi berseragam Persebaya. Malik dikontrak Persebaya selama dua musim ke depan,” kata Persebaya dalam pernyataannya.

“Pemain yang baru saja dipanggil Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 itu diplot Coach Paul Munster untuk mengisi posisi winger,” imbuhnya.

Pemain asal Surabaya itu menjadi fenomena di Liga 1 musim lalu bersama Madura United. Secara total pemain yang berposisi sebagai winger kanan tersebut membukukan 13 gol dan empat assist dari 36 pertandingan.

Sebanyak 11 gol dan empat assist dicetak saat babak regular series. Sedangkan dua lainnya dicetak di babak championship series.

Torehan tersebut mengukuhkannya sebagai pemain lokal dengan jumlah gol terbanyak.

Bahkan jumlah koleksi golnya lebih banyak dari dua pemain asing andalan Madura United, Hugo Gomes dan Francisco Rivera yang mengemas sembilan gol.

Pemain Madura United Malik Risaldi sedih saat gagal memanfaatkan peluang saat leg kedua final Championship Series Liga 1 2023-2024 melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam. Persib berhasil meraih juara liga musim ini dengan agregat 6-1.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain Madura United Malik Risaldi sedih saat gagal memanfaatkan peluang saat leg kedua final Championship Series Liga 1 2023-2024 melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam. Persib berhasil meraih juara liga musim ini dengan agregat 6-1.
Performa apiknya tersebut kemudian mencuri perhatian Shin Tae-yong dan memanggilnya untuk bergabung ke Timnas Indonesia senior. Kesempatan yang datang setelah Yance Sayuri mengalami cedera pada kaki kiri.

Ia pun turut mempersiapkan diri menjalani agenda penting uji coba internasional melawan Tanzania dan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina.

Mantan pemain Persela Lamongan itu mendapatkan kesempatan debut saat laga melawan Tanzania. Ia dimainkan pada babak kedua menggantikan Marselino Ferdinan pada menit ke-78.

Baca juga: Perkenalkan Gilson Costa, Tambah Kekuatan Lini Tengah Persebaya

Sayang pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ia tidak mendapatkan kesempatan bermain. Meski Risaldi duduk di bangku cadangan, Shin Tae-yong mengakui potensinya sebagai pemain yang layak memperkuat Tim Garuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com