Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kylian Mbappe Patah Hidung, Jalani Operasi dan Terancam Absen untuk Sisa Piala Eropa

Kompas.com - 18/06/2024, 05:24 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Megabintang Timnas Perancis, Kylian Mbappe, terancam absen untuk beberapa waktu dari Piala Eropa setelah ia menderita patah hidung pada laga pembuka Les Bleus kontra Austria, Senin (17/6/2024) atau Selasa dini hari WIB.

Kylian Mbappe menderita cedera hidung seriussetelah  mukanya bertabrakan dengan bek Austria, Kevin Danso, pada babak kedua laga di Dusseldorf Arena ini.

Laporan dari RMC menyebutkan bahwa calon pemain Real Madrid itu langsung meninggalkan stadion setelah laga Grup D tersebut dengan masker di mukanya.

Federasi Sepak Bola Perancis (FFF) lalu melaporkan bahwa sang pemain akan menjalani operasi di sebuah rumah sakit di Dusseldorf.

Mantan dokter timnas Perancis, Fabrice Bryand, mengutarakan bahwa Mbappe pasti akan membutuhkan waktu untuk memuilihkan diri setelah operasi.

"Minimal 10 hari untuk recovery walau ada kemungkinan dia harus absen dari sisa Piala Eropa," ujarnya di L'Equipe du Soir.

Kondisi pasti Mbappe memang harus menunggu pindaian dan pemeriksaan medis lanjutan.

Baca juga: Hasil Austria Vs Perancis, Gol Bunuh Diri Antar Les Bleus Raih 3 Poin

Kemungkinannya sekarang dua, Mbappe harus mengenakan topeng pelindung untuk laga-laga berikut atau dia harus stop bermain setelah pertandingan ini.

"Tantangannya sekarang adalah mengetahui apa yang terpengaruh, dan hanya pindaian medis yang dapat memberi tahu," ujar Dokter Alain Ducardonnet, konsultan kesehatan di acara televisi Perancis, BFMTV.

"Apakah yang terpengaruh tulang rawan atau tulang? Jika tulang, apakah tulangnya bergeser? Jika iya, mungkin ada indikasi untuk operasi yang akan merumitkan proses penyembuhan langsung."

Baca juga: Didier Deschamps Soal Patah Hidung Kylian Mbappe: Noda Hitam di Laga

Menurutnya, operasi akan mengharuskan sang pemain beristirahat lebih lama.

"Secara klasik, setelah operasi, hidung membutuhkan waktu enam minggu untuk mengeras dengan penggunaan belat, ini akan membuat partisipasinya di sisa turnamen menjadi sangat tidak pasti," ujar Ducardonnet lagi.

"Namun kita tahu, atlet level tinggi tidak tunduk pada peraturan yang sama dengan orang biasa karena masalah yang terkait dengan kecepatan pemulihan mereka."

"Kita harus lihat apa yang diputuskan oleh staf dan pemain."

Mbappe kemungkinan besar akan absen pada laga big match kontra Belanda di Leipzig Stadium, Leipzig, Jumat (21/6/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com