Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Belgia Vs Slovakia 0-1: Dua Gol Lukaku Dianulir, Setan Merah Kalah

Kompas.com - 18/06/2024, 00:58 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Slovakia memetik kemenangan 1-0 atas Belgia dalam matchday pertama Grup E Euro 2024.

Pertandingan Belgia vs Slovakia berlangsung di Frankfurt Arena, Jerman, pada Senin (17/6/2024).

Kemenangan Slovakia atas Belgia tercipta berkat gol semata wayang Ivan Schranz (7').

Berkat hasil ini, Slovakia berhak menempati posisi kedua klasemen Grup E dengan tiga poin. Pasukan asuhan Francesco Calzona berada di bawah Romania yang menang 3-0 atas Ukraina.

Keberuntungan juga mewarnai kemenangan Slovakia atas Belgia. Sebab, dua gol striker Belgia, Romelu Lukaku, dianulir oleh wasit.

Dua menit babak pertama dimulai, Belgia mengancam lewat sepakan Romelu Lukaku di depan gawang, tembakan dari posisi badan yang tidak sempurna itu masih bisa dihalau Martin Dubravka (kiper Slovakia).

Slovakia membuka keunggulan lewat sepakan Ivan Schranz pada menit ke-7. Berawal dari pressing tinggi pemain Slovakia di sisi kanan area pertahanan Belgia, Robert Bozenik berhasil mencuri bola dari Jeremy Doku.

Bola berhasil tiba di kaki Juraj Kucka. Ia lalu melepaskan tembakan yang bisa dihalau Koen Casteels (kiper Belgia). Bola muntah itu ditendang kembali oleh Schranz untuk membuka keunggulan Slovakia.

Belgia membuat kans pada menit ke-20. Cuma, sepakan Leandro Trossard dari luar kotak penalti setelah memanfaatkan kesalahan Dubravka belum bisa menyamakan kedudukan bagi Les Diables Rouges (Setan Merah), julukan Belgia.

Baca juga: Euro 2024: Kursi Stadion Kharkiv yang Hancur Dipamerkan di Munich Jelang Ukraina Vs Romania

Dubravka lalu melakukan penyelamatan untuk sundulan Amadou Onana, menyusul umpan sepak pojok dari Kevin De Bruyne pada menit ke-35.

Slovenia balik mengancam. Kucka menusuk dari sisi kiri dan mengirimkan umpan silang yang sempurna kepada Lukas Haraslin.

Tendangan voli kaki kanan Haraslin pada menit ke-40 masih bisa dimentahkan Casteels yang melakukan penyelamatan gemilang dengan satu tangan. 

Romelu Lukaku hampir saja menyamakan kedudukan jadi 1-1 pada menit ke-55, tetapi wasit menganulir golnya. Gol eks penyerang Chelsea itu dianggap offside.

Tiga menit berselang tembakan Trossard belum bisa menembus gawang Slovakia yang dijaga Dubravka. Tendangan pemain Arsenal itu kembali ditepis kiper lawan.

Baca juga: Euro 2024, Misi Belanda Matikan Kylian Mbappe

David Hancko melakukan penyelamatan krusial bagi Slovakia pada menit ke-62. Ia berdiri sejajar garis gawang dan dengan kakinya, menghalau sepakan yang dilesatkan Johan Bakayoko.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com