Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IYC 2023 dan Cita-cita Menduniakan Sepak Bola Indonesia...

Kompas.com - 16/08/2023, 12:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengusaha Gede Widiade kembali menyelenggarakan International Youth Championship (IYC). Event tahunan yang sudah memasuki tahun ketiga dan berlangsung di Bali 7-14 Agustus 2023 lalu.

IYC 2023 menjadi turnamen bergengsi antarklub muda yang diikuti oleh empat klub berkelas mulai Barcelona FC dan Real Madrid (Spanyol), Kashima Antlers FC (Jepang) dan Bhayangkara Presisi FC (Indonesia).

Real Madrid keluar menjadi juara IYC 2023 selama diselenggarakan Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

Ia mengungkapkan IYC 2023 bagian upayanya untuk memperkenalkan sepak bola Indonesia ke mancanegara.

Baca juga: Duel El Clasico Spanyol Tersaji di Final IYC 2023 Indonesia

"Ini kami dedikasikan memperkenalkan Indonesia ke dunia luar bahwa sepak bola bukan hanya di Jawa, melainkan juga di luar Jawa, Bali dll," ujarnya kepada Kompas.com.

Terselenggaranya International Youth Championship 2023 adalah hasil sinergi antara Pancoran Soccer Field Group Jakarta dan Pemerintah Provinsi Bali dan Asprov bali.

Pancoran Soccer Field Group sendiri merupakan cabang usaha dari Gede Widiade yang berfokus pada fasilitas lapangan sepak bola.

Kendati demikian, dalam prosesnya, IYC 2023 berusaha menjadi kompetisi yang mandiri, khususnya dalam hal masalah finansial dan pendanaan.

Baca juga: Bungkam Atletico Madrid U18, Barcelona U18 Juara IYC 2021

"Jadi sampai saat ini sponsornya kami saja, kami juga berusaha bagaimana tidak meminta 1 rupiah pun dari pemerintah daerah," kata mantan Direktur Utama Persija Jakarta ini.

"Jadi, mulai pertama kami lakukan sampai saat ini hampir sebagian besar 99 persen pendanaan memang dari grup kami sendiri," ucapnya.

"Ya berkat Tuhan Yang Maha Esa memberi rezeki, rezekinya dikembalikan ke masyarakat untuk menghibur masyarakat itu sendiri," katanya.

Selain itu, seluruh pertandingan bisa disaksikan tanpa dipungut biaya atau gratis. Akan tetapi, untuk saat ini, belum bisa dibuka secara umum karena pertimbangan kenyamanan dan keselamatan.

"Bahwa kami bekerja sama dan menyerahkan pada Pemda untuk undangan secara gratis kepada masyarakat yang dituju," ucap Gede Widiade.

"Ini kalau diberi kebebasan mungkin bisa penuh, tapi kami batasi agar menontonnya nikmat. Jadi, kami batasi setiap hari 4.000 tapi kan ada sekitar enam pertandingan supaya kalau 6 kali 4.000 sudah 24.000," katanya.

Pemilik Pancoran Soccer Field Gede Widiade.Dokumentasi International Youth Championship 2023 Pemilik Pancoran Soccer Field Gede Widiade.

Kendati demikian, Gede tidak menutup kemungkinan pada edisi selanjutnya International Youth Championship akan dibuka untuk umum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com