Del Bosque Bicara soal Ronaldo, Morata, dan Mbappe - Kompas.com

Del Bosque Bicara soal Ronaldo, Morata, dan Mbappe

Ferril Dennys
Kompas.com - 28/06/2017, 08:13 WIB
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP Reaksi pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque, saat menyaksikan aksi timnya melawan Italia pada babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Senin (27/6/2016). Spanyol kalah 0-2.

MADRID, KOMPAS.com - Mantan pelatih Real Madrid dan tim nasional (timnas) Spanyol, Vicente del Bosque, menyampaikan pendapatnya soal masa depan Cristiano Ronaldo, Alvaro Marota, dan Kylian Mbappe.

Ronaldo dikabarkan kecewa dan mempertimbangkan meninggalkan Real Madrid. Kabar ini muncul setelah Ronaldo dituduh melakukan penggelapan pajak di Spanyol.

Del Bosque memandang bahwa La Liga akan mengalami kerugian besar karena ditinggal Ronaldo yang merupakan salah satu bintang di kasta liga teratas Spanyol tersebut. Salah satu bintang lainnya adalah Lionel Messi.
 
"(Kepergian) Ronaldo akan sangat merugikan. Dia yang menentukan berakhirnya era sepak bola kami, selain Messi," kata Del Bosque.

Baca juga: Berulang Tahun, Messi Belum Patahkan 10 Rekor Ini

"Kami berada di era Messi dan Ronaldo. Kami beruntung bahwa dua pemain terbaik dunia tersebut bermain di Spanyol," tutur pelatih yang pernah membesut Madrid dalam tiga periode.

Selanjutnya, Del Bosque berbicara soal kabar Morata yang berencana meninggalkan Madrid pada bursa transfer musim panas 2017.

Lantaran jarang dimainkan, Morata dikabarkan akan hengkang. Man United disebut-sebut menjadi tujuan bagi Morata.

"Hal terbaik bagi dia adalah dia bermain. Namun, menurut saya, dia sangat tepat bertahan di Madrid. Bakal menjadi hal yang memalukan jika dia pergi," ujar Del Bosque.

"Namun, saya selalu berkata bahwa hal yang positif bagi sepak bola Spanyol jika pemain kami tampil di luar negeri dan bisa dimainkan," kata Del Bosque menambahkan.

Sebagai antisipasi kepergian Morata, Madrid dikabarkan sedang berupaya merekrut Mbappe dari AS Monaco. El Real siap menggelontorkan dana besar untuk menjadikan Mbappe sebagai pemain termahal dunia.

"Dia telah menunjukkan kualitasnya dan pemain yang sangat bagus secara fisik serta teknik," puji Del Bosque. 

Akan tetapi, dia menyangsikan kemampuan non-teknis Mbappe, terutama ketika bergabung ke klub sebesar Real Madrid. 

"Namun, proses kematangan tidak selalu sama untuk setiap pemain. Berkali-kali, Anda dihadapkan dengan risiko, khususnya bila uang yang bicara," beber Del Bosque.

PenulisFerril Dennys
EditorJalu Wisnu Wirajati
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM