Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversi Penalti Warnai Laga Perdana Piala Dunia

Kompas.com - 13/06/2014, 06:58 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber Sky Sports
SAO PAOLO, KOMPAS.com -- Pertandingan perdana Piala Dunia 2014, antara Brasil dan Kroasia, di Arena Corinthians, Kamis (13/6/2014), diwarnai kontroversi soal penalti yang berujung gol kedua Brasil, pada menit ke-71.

Wasit Yuchi Nishimura memberikan penalti itu setelah menilai Fred terjatuh karena dilanggar Dejan Lovren. Sejumlah kalangan menilai Fred melakukan diving karena Lovren nyaris tidak menyentuh Fred.

"Ribuan orang tidak melihat penalti itu? Wasit melihatnya dan ia adalah orang yang mengambil keputusan. Kami juga berpikir bahwa itu adalah penalti," ujar pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari.

Selain itu, Kroasia juga mencetak gol yang dianulir pada menit ke-83. Dalam duel di udara, Ivica Olic menyundul bola mengalahkan kiper Julio Cesar. Bola kemudian ditembakan Rebic, tetapi terblok oleh David Luiz.

Bola liar yang ditembakkan Perisic masuk gawang. Namun, wasit menganulir gol itu karena menilai Olic melanggar Cesar dalam duel di udara itu.

Pertandingan itu berakhir 3-1 untuk Brasil. Gol pertama dan kedua Brasil dicetak oleh Neymar (29, 71), sementara satu gol lainnya diciptakan Oscar pada menit ke-90+1. Adapun gol Kroasia merupakan gol bunuh diri Marcelo pada menit ke-11.

Meski menang, Brasil dinilai kurang meyakinkan, terutama karena Kroasia beberapa kali melancarkan serangan berbahaya yang memaksa kiper Julio Cesar meregangkan otot-ototnya.

"Saya akan lebih dulu mengatakan kepada pemain, apa yang saya tidak suka dari penampilan mereka tadi, bukan Anda," ujar Scolari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com