Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSS Sleman Berjuang Lepas dari Ancaman Degradasi Tanpa Hokky

Kompas.com - 07/04/2024, 08:10 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSS Sleman yang tengah berjuang untuk selamat dari ancaman degradasi harus bermain tanpa Hokky Caraka di sisa Liga 1. Hokky dipanggil ke timnas U23 Indonesia.  

Seperti diketahui, PT LIB dan PSSI memutuskan untuk melanjutkan Liga 1 usai melakukan pertemuan bersama dengan pemilik klub Liga 1 (owner's meeting), Kamis (4/4/2024) silam.

Hasilnya PT LIB mencabut keputusan penundaan Liga 1 dan memastikan pekan ke-31 akan digulirkan pada 15 April 2024 mendatang.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB tanggal 30 Maret 2024, sempat memutuskan menunda kompetisi Liga 1 2023-2024 mulai pekan ke-31, yang sejatinya dijadwalkan bergulir pada Senin 1 April 2024.

Baca juga: Liga 1 Serasa Liga Inggris

Penundan dilakukan sampai dengan selesainya pergelaran Piala Asia U23 2024. Langkah ini awalnya diambil untuk mendukung partisipasi timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024 yang berlangsung di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Pertemuan PT LIB, PSSI, dan pemilik klub Liga 1 pada tengah pekan silam lantas menggugurkan keputusan penundaan kompetisi yang dibuat sebelumnya.

“Keputusan sudah dibuat, kami harus menerimanya karena tidak bisa mengubahnya. Kami harus maju menghadapi permasalahan ini," kata pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic. 

Artinya, pada pekan ke-31 sampai pekan ke-34 Liga 1 2023-2024, PSS akan menjalani lanjutan kompetisi Liga 1 tanpa sang penyerang muda, Hokky Caraka.

Hokky Caraka saat ini sudah tergabung dalam pemusatan latihan timnas U23 Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab. Ia bersiap tampil di Piala Asia U23 2024.

Risto Vidakovic merasa bahwa kehilangan pemain andalan seperti Hokky Caraka pada masa krusial kompetisi seperti sekarang ini bukanlah sesuatu yang ideal.

“Begitu juga keputusan-keputusan seperti itu yang tidak dapat saya pahami karena ini tidak masuk dalam agenda FIFA (ajang Piala Asia U23 2024)."

"Saya pikir pada kasus ini harus berpikir proporsional. Pada kasus ini masa depan klub lebih penting daripada timnas U23,” tutur Risto Vidakovic menegaskan.

Baca juga: Liga 1 Ditunda, PSS Dukung Timnas U23 Indonesia dan Hokky Caraka

Pemanggilan Hokky Caraka ke timnas U23 Indonesia membuat PSS Sleman kehilangan salah satu pilar kunci di lini depan.

Sebuah hal yang memberatkan misi PSS untuk selamat dari ancaman degradasi, supaya bisa tetap bertahan di Liga 1 musim depan.

"Saat ini tim sedang berjuang dalam beberapa pertandingan yang sangat penting. Kami memiliki dua pertandingan kandang dan wajib mendapatkan tiga poin. Kami masih berjuang untuk lolos dari degradasi," ujar Risto Vidakovic.

Hingga pekan ke-30 Liga 1 2023-2024, PSS berada di posisi ke-14 klasemen sementara dengan perolehan 32 poin. Super Elja hanya berjarak satu poin dari zona degradasi.

“Hokky bagi kami adalah pemain penting, dia bermain di setiap pertandingan, dia selalu masuk sebelas pertama."

"Untuk tim lain, beberapa memiliki pemain tim nasional, mereka memiliki lebih dari satu tetapi mereka tidak memperjuangkan apa-apa di pekan-pekan terakhir kompetisi,” ucap Risto Vidakovic.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com