Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga 1 Ditunda, PSS Dukung Timnas U23 Indonesia dan Hokky Caraka

Kompas.com - 01/04/2024, 16:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSS Sleman legawa dengan penundaan Liga 1 2023-2024 yang dilakukan demi mendukung perjuangan timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024.

Dukungan penuh diberikan PSS Sleman untuk timnas U23 Indonesia yang juga diperkuat salah satu pemain mereka, Hokky Caraka.

“Apa pun itu, kami tetap mendukung keputusan PSSI dan PT LIB terkait penundaan jadwal ini," ujar Presiden Direktur PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Gusti Randa.

"Karena kita semua tahu ini untuk kepentingan timnas Indonesia di Piala Asia U23 di Qatar juga," ucap Gusti Randa menambahkan. 

Baca juga: Agenda Persib Usai Liga 1 Ditunda, Bertanding hingga Libur Singkat Idul Fitri

Seiring terbitnya keputusan penundaan liga ini, PSS bisa melepaskan pemain tanpa rasa beban.

Sebelumnya, pelatih PSS, Risto Vidakovic, merasa keberatan melepaskan Hokky Caraka.

Tenaga penyerang asal Gunung Kidul tersebut dibutuhkan PSS untuk mengarungi empat laga terakhir Liga 1 2023-2024.

"Dari PSS mungkin ada Hokky, namun kemarin pelatih memang tidak ingin melepas dia karena jadwal di bulan April. Namun, dengan keputusan ini tentu menjadi hal yang positif bagi kemampuan dan karier Hokky di timnas Indonesia untuk Piala Asia U23," tutur Gusti Randa.

Baca juga: Penundaan Liga 1 2023, Persis Solo Terancam Bubar Sebelum Liga Usai

Dalam dua tahun terakhir ini, Hokky Caraka sering mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong dan Indra Sjafri untuk menghuni timnas Indonesia kategori usai dan level senior.

Hokky Caraka terlibat dalam dua laga Kualifikasi Piala Asia U23 2024 yang dilaksanakan bulan September 2023 lalu.

Ia juga diboyong Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas senior di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai pada Oktober 2023.

Nama Hokky Caraka pun tertera dalam daftar skuad timnas Indonesia yang melakoni sepasang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 lalu.

Tercatat, Hokky mendapatkan kepercayaan tampil empat kali sebagai starter dari enam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

PSS kini telah rela melepas Hokky ke timnas U23 Indonesia. Namun, di sisi lain manajemen PSS juga sedikit kecewa dengan pengumuman penundaan kompetisi Liga 1 yang mendadak.

Pemain PSS Sleman Hokky Caraka berhasil melewati pemain Madura United saat laga pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 0-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (29/3/2024) malam.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain PSS Sleman Hokky Caraka berhasil melewati pemain Madura United saat laga pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 0-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (29/3/2024) malam.

Pihak klub merugi waktu dan biaya karena persiapan laga pekan ke-31 Liga 1 2023-2024 melawan Arema FC sudah dilaksanakan.

Akomodasi dan stadion sudah dipersiapkan, tiket juga sudah dicetak, tapi laga gagal dilaksanakan.

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 2023-2024 baru akan diputar kembali usai ajang Piala Asia U23 yang digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

“Hal yang kami lebih kecewa lagi adalah suporter kami yang sudah membeli tiket untuk laga menghadapi Arema. Mereka harus menunda untuk bisa menonton PSS berlaga di bulan berikutnya," ujar Gusti Randa.

"Kami tentu kecewa dengan keputusan PSSI dan PT LIB yang mendadak. Namun, kembali ketika alasannya mengatasnamakan kepentingan timnas Indonesia, kami akan tetap mendukung hal tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com