Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga 1 Ditunda, Reaksi Pelatih Persib Pasrah, Tak Tahu Berkata Apa

Kompas.com - 01/04/2024, 07:30 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bereaksi atas penundaan Kompetisi Liga 1 2023-2024 mulai pekan ke-31 sampai pekan terakhir selama bulan April.

Kebijakan telah diambil, PSSI menginstruksikan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menunda pertandingan lanjutan selama Timnas U23 bersiap dan terjun di putaran final Piala Asia U23 2024 Qatar. 

Keputusan ini semata demi kepentingan timnas U23 Indonesia agar klub-klub bisa melepas pemain-pemainnya yang dibutuhkan pelatih Shin Tae-yong

Nantinya jadwal kompetisi akan dijadwal ulang oleh PT LIB memungkinkan berlanjut selama bulan Mei atau setelah final Piala Asia U23.

Baca juga: Hikmah yang Bisa Diambil Persib di Balik Penundaan Liga 1 2024 

Pelatih Persib bingung, tak tahu harus berkata apa dengan penundaan Liga 1 yang mendadak.

Hodak menerangkan timnya sedang dalam tren positif dan ritme yang bagus berkompetisi berkat empat kemenangan beruntun dan sekali imbang. Lalu, tiba-tiba liga harus dihentikan cukup lama. 

"Bagi kami, saya tidak tahu harus berkata apa, kami dalam lima laga terakhir menang empat kali dan imbang satu kali. Kami salah satu tim terbaik jika melihat lima pertandingan terakhir," kata Hodak. 

Pelatih asal Kroasia ini memandang sebenarnya Liga 1 bisa diselesaikan lebih awal karena Piala Asia U23 (kategori umur) tak masuk dalam kategori agenda FIFA. 

Baca juga: Liga 1 Ditunda, Kesempatan Gelandang Persib Marc Klok Pulih Sepenuhnya

Sebelumnya, diketahui regulasi pemain U23 juga telah dihapuskan. Hal ini dimaksudkan agar klub-klub bisa melepas pemain-pemain mudanya.

Namun, keputusan telah diambil federasi. Klub-klub pun tak bisa berbuat apa-apa dan terpaksa menerimanya. 

"Namun, di sisi lain, kami tidak mempermasalahkannya. Namun, kompetisi ini sebenarnya bisa diselesaikan lebih awal karena ini bukan agenda FIFA dan jika ingin tetap melanjutkan sisa pertandingan, tidak masalah," ulas Hodak. 

Hodak mengambil sisi positif, dengan penundaan artinya ada waktu untuk beberapa pemainnya pulih dari cedera serta menyelesaikan masalahnya. 

Baca juga: Saat Kedalaman Skuad Persib Dapat Ujian Jelang Reguler Series Berakhir...

Seperti diketahui David da Silva sedang mogok bertanding, juga mangkir di latihan terkait masalah finansial dengan manajemen. 

Marc Klok, Ryan Kurnia, dan Ciro Alves menjadi punya waktu untuk pulih dari cedera dan berharap bisa bermain nanti. 

"Namun, bagi kami tidak masalah. Sekarang mungkin Marc akan kembali dan mungkin David (da Silva) juga akan kembali. Jadi, ini bisa jadi dua hal positif,” sebut Hodak. 

"Namun, sekali lagi saya katakan, di beberapa laga terakhir kami sedang bermain bagus. Jadi, tidak ada bedanya,” ucap Hodak coba memaklumi situasi Liga Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com