Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Brighton vs Arsenal 0-3: Meriam London Puncaki Klasemen

Kompas.com - 07/04/2024, 01:31 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arsenal kalahkan Brighton 3-0 dalam pekan ke-31 Liga Inggris 2023-2024 dan puncaki klasemen sementara.

Pertemuan Brighton dengan Arsenal berlangsung di Stadion Amex, pada Sabtu (6/4/2024), malam WIB.

Kemenangan Meriam London dipastikan melalui gol dilesatkan Bukayo Saka (33') melalui titik putih, Kai Havertz (62'), dan Leandro Trossard (86').

Saka menorehkan 14 gol dari 29 laga liga yang telah dimainkannya pada musim ini.

Atas tambahan tiga poin, Arsenal memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2023-2024 dengan 71 poin. 

Skuad asuhan Mikel Arteta menggeser Liverpool yang sebelumnya di tempat teratas dengan 70 poin. The Reds baru akan bertanding melawan Manchester United pada Minggu (7/4/2024) malam WIB.

Baca juga: Bintang Muda Serie A Pilih Milan Ketimbang Juventus, Arsenal, dan Man United

Jalannya Pertandingan

Umpan dari Odegaard tepat sasaran dan Gabriel menyambutnya tanpa kawalan di tiang dekat - namun sundulannya masih melebar. Sebuah peluang besar Arsenal pada menit ke-2.

Penyelamatan gemilang Bart Verbruggen menepis sepakan Gabriel Jesus dari area kotak penalti, penyerang asal Brasil tersebut sangat nyaman untuk melesatkan tembakan ke arah gawang karena tidak terkawal pada menit ke-13.

The Gunners mendapat penalti usai Gabriel Jesus dijatuhkan di area kotak penalti oleh Tariq Lamptey pada menit ke-31.

Bukayo Saka (33') yang menjadi eksekutor tidak melewatkan kesempatan emas tersebut, sekaligus membuka keunggulan bagi Arsenal.

Baca juga: Man City Ditahan Arsenal, Haaland seperti Pemain Kasta Empat Inggris

David Raya berhasil menepis sepakan Julio Enciso yang diarahkan ke sudut kiri gawang.

Havertz menciptakan peluang, memberikan umpan kepada Odegaard untuk melepaskan tendangan keras yang diselamatkan dengan baik oleh Verbruggen. Bola hampir saja masuk pada menit ke-54.

Kai Havertz menggandakan kedudukan 2-0 bagi Arsenal pada menit ke-62. Umpan cut-back yang disodorkan Jorginho, tidak disia-siakan oleh penyerang asal Jerman tersebut.

Leandro Trossard menambah mimpi buruk Brighton di hadapan ribuan pendukungnya setelah mencetak gol ketiga bagi Arsenal melalui skema serangan balik setelah berhasil mencuri bola pada menit ke-86.

Susunan Pemain

Brighton: 1-Bart Verbruggen, 2-Tariq Lamptey, 29-Jan Paul, 5-Lewis Dunk, 30-Paris Estupinan, 20-Carlos Baleba, 15-Jakub Moder, 10-Julio Enciso (Joao Pedro 63'), 13-Pascol Gros, 24-Simon Adingra, 18-Danny Welbeck (Ansu Fati 78')

Arsenal: 22-David Raya, 35-Oleksandr Zinchenko (Takehiro Tomiyasu 72'), 6-Gabriel, 2-William Saliba, 4-Ben White, 41-Declan Rice, 20-Jorginho, 8-Martin Odegaard (Fabio Vieira 89'), 9-Gabriel Jesus (Leandro Trossard 64'), 29-Kai Havertz (Eddie Nketiah 89'), 7-Bukayo Saka (Gabriel Martinelli 64').

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com