Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga 3 DKI Jakarta: ASIOP FC Menang Telak, Eks Persib Sumbang 2 Gol

Kompas.com - 27/02/2024, 15:20 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - ASIOP FC mengawali perjalanan di Liga 3 2023-2024 zona DKI Jakarta dengan hasil memuaskan. Mereka menang telak 5-0 atas PS Pemuda Jaya.

Laga pembuka Grup C antara ASIOP FC vs PS Pemuda Jaya digelar di Stadion Militer Viyata James Yudha, Jakarta Utara, Selasa (27/2/2024). 

Sempat mengalami kebuntuan di babak pertama, ASIOP FC akhirnya bisa keluar dari situasi pelik menjelang turun minum.

Klub yang ditangani eks asisten pelatih timnas U16 Indonesia era Fakhri Husaini (2017-2018), Ricky Riskandi, ini semakin mendominasi pada babak kedua. 

Masuknya pemain senior Airlangga Sucipto yang berstatus kapten tim di pertengahan babak kedua tak pelak menambah daya gedor.

Baca juga: Persib Vs PSIS, Memori Dwigol Marc Klok dan Perih Dibobol Kiper

Eks striker Persib Bandung tersebut menyumbang dua dari lima gol ASIOP FC ke gawang PS Pemuda Jaya, meski hanya dimainkan 17 menit saja. 

Pelatih Ricky Riskandi mengakui anak asuhnya kesulitan hampir sepanjang babak pertama. Alasan utamanya tidak lain karena para pemain harus beradaptasi dengan kondisi lapangan yang agak bergelombang dan kurang rata. 

"Kami bersyukur hari ini bisa mengamankan kemenangan meski awalnya sempat kesulitan. Kami terbiasa berlatih di lapangan sintetis, sehingga para pemain harus beradaptasi di babak pertama," kata Ricky usai pertandingan. 

"Saya melihat anak-anak baru bermain nyaman di atas menit ke-40. Lawan juga cukup pintar karena menerapkan taktik pressing yang cukup bagus, tapi alhamdulillah kami bisa keluar dari tekanan dan mencetak gol," ucapnya menjelaskan. 

Perihal Airlangga Sucipto, Ricky memastikan bahwa peran sang kapten lebih dari sekadar pencetak dua gol.

Kehadirannya di atas lapangan merupakan perpanjangan tangan dari pelatih mengingat statusnya yang memang merangkap asisten pelatih. 

"Peran Airlangga itu membawa aura positif dari pengalaman dia yang sudah segudang. Dia juga berstatus asisten saya, jadi sangat penting dalam aspek psikis. Memompa semangat bertanding tim ini," ujar Ricky Riskandi. 

Baca juga: Persib Vs PSIS, Kekuatan Mahesa Jenar Tanpa Carlos Fortes

Diketahui, Airlangga Sucipto berseragam Persib Bandung selama enam musim dalam dua termin berbeda, yakni 2008-2013 dan 2018. Ronggo, sapaan akrabnya, notabene merupakan jebolan akademi ASIOP FC angkatan pertama (1997-2003). 

Sementara itu, ASIOP FC bakal melanjutkan perjalanan di Liga 3 DKI Jakarta pada Kamis (29/2/2024). Tiket semifinal bakal berada di tangan mereka jika sukses menekuk Persija Muda di Stadion Militer Viyata James Yudha. 

Sekadar mengingatkan, Liga 3 DKI Jakarta musim ini hanya diikuti 13 tim yang kemudian dibagi ke dalam empat grup (khusus Grup D berisikan empat tim).

Masing-masing juara grup nantinya berhak melaju ke semifinal sekaligus mengintip peluang lolos ke putaran nasional. 

Jatah DKI Jakarta di putaran nasional Liga 3 musim ini hanya dua, berkurang satu dibandingkan edisi terdahulu (2021-2022). Artinya, cuma finalis yang memiliki kesempatan mewakili Ibu Kota dalam perburuan mengejar tiket promosi ke Liga 2.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com