Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs PSIS, Kekuatan Mahesa Jenar Tanpa Carlos Fortes

Kompas.com - 27/02/2024, 04:58 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PSIS Semarang memang sudah ditinggalkan penyerang nomor sembilan Carlos Fortes, tetapi bukan berarti Persib Bandung menurunkan kewaspadaan. 

Jadwal Persib Bandung vs PSIS Semarang akan digelar, Selasa (27/2/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, dalam pekan ke-26 Liga 1 2023-2024, kickoff pukul 19.00 WIB. 

Nyatanya, usai ditinggalkan Fortes, PSIS justru bisa tetap tajam. Dalam dua pertandingan terakhir, tim Mahesa Jenar mencetak lima gol. 

Laga tandang kontra Arema FC tim asuhan Gilbert Agius ini mencetak empat gol. Gol lahir justru dari lini kedua oleh seorang winger Riyan Ardiansyah dan Alfeandra Dewangga

Baca juga: Head to Head Persib Bandung Vs PSIS, Dominasi Maung Tak Terbendung

Adapun satu gol di laga lanjutan kontra Dewa United dicetak oleh pemain sayap lainnya, Gali Freitas. Tanpa seorang penyerang murni, Agius menyulap timnya dalam skema false nine.

Pelatih asal Malta itu cenderung menempatkan Taisei Marukawa dan Septian David Maulana yang secara bergantian bergerak ke dalam kotak penalti, juga sering menjemput bola. 

"Kami harus tetap bermain tanpa Fortes. Kami memainkan dua pertandingan dan mencetak lima gol dan saya senang terhadap kontribusi pemain lain, mereka mendapatkan kesempatan, mereka bermain dengan bagus," terang Agius. 

"Jadi, kami berterima kasih kepada Fortes, tetapi PSIS harus terus melihat ke depan. Pemain bisa datang dan pergi, tetapi klub akan tetap ada,” ujarnya. 

Baca juga: Persib Bandung Vs PSIS, Duel Tim Papan Atas, Maung Incar Posisi Dua

Ya, Agius sebagai juru taktik harus menghargai keputusan Fortes yang memilih meninggalkan klub, padahal tim sedang dalam pertempuran menuju fase akhir. 

Namun, tim tak bisa larut dalam rasa kehilangan timnya telah menatap ke depan, bagaimana bisa menyelesaikan Reguler Series di tempat terbaik memenangi tiket Championship Series (empat besar). 

Gilbert Agius pelatih PSIS Semarang menghadiri konferensi pers Senin (26/2/2024) jelang pertandingan pekan ke-26 Liga 1 2023-2024 antara Persib Bandung vs PSIS, keesokan harinya di Stadion Si Jalak Harupat.KOMPAS.com/ADIL NURSALAM Gilbert Agius pelatih PSIS Semarang menghadiri konferensi pers Senin (26/2/2024) jelang pertandingan pekan ke-26 Liga 1 2023-2024 antara Persib Bandung vs PSIS, keesokan harinya di Stadion Si Jalak Harupat.

"Kami tetap fokus mencari solusi untuk mengisi kekosongan di posisi nomor sembilan, jadi kami harus memainkan skema tanpa pemain nomor sembilan (false nine)."

"Kami memainkan dua pertandingan, mencetak lima gol, menciptakan peluang juga. Jadi, saya harus menyiapkan permainan tanpa pemain nomor sembilan," katanya. 

Baca juga: Persib Vs PSIS, Pertarungan Kakak Beradik Siap Tersaji

PSIS bukan tidak mungkin akan kembali memakai strategi serupa ketika menghadapi Persib di hadapan Bobotoh. 

Game plan PSIS seperti ini yang bisa membuat bingung bek Persib Bandung Nick Kuipers dan barisan pertahanannya. 

"Mereka memang memiliki penyerang yang bagus dan cepat saat ini. Jadi, kami harus siap untuk itu," sebut Kuipers. 

"Tentu Fortes merupakan pemain yang kuat, jadi pastinya ada perbedaan, tetapi kami harus siap untuk menghentikan semua penyerangnya, tidak peduli siapa penyerang mereka dan kami optimistis bisa menghentikannya," ucap pemain asal Belanda ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com