Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah 35 Gol Haaland di Liga Inggris: 23 Gol Kaki Kiri, 8 Assist dari De Bruyne

Kompas.com - 04/05/2023, 10:00 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber ESPN

KOMPAS.com - Penyerang anyar Manchester City, Erling Haaland, kembali mengukir rekor kala melawan West Ham United dalam laga tunda pekan ke-28 Premier League, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB.

Haaland menyumbangkan satu gol pada menit ke-70 kala Manchester City menjamu West Ham di Stadion Etihad. Man City mengalahkan tim tamu dengan skor mencolok, 3-0.

Dua gol lainnya dalam laga ini diciptakan oleh Nathan Ake (49') melalui sundulan menyambut umpan tendangan bebas Riyad Mahrez dan Phil Foden (85') lewat sepakan dari luar kotak penalti yang menghantam gawang Lukasz Fabianski.

Dengan satu golnya tersebut, kini Haaland mengoleksi 35 gol untuk Man City di kasta tertinggi Liga Inggris.

Baca juga: Hasil Man City Vs West Ham 3-0, Haaland Ukir Rekor Gol Premier League

35 gol milik Erling Haaland membuat dirinya memecahkan rekor. Pemain asal Norwegia ini menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Inggris (era Premier League) dalam satu musim.

Ia mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Andy Cole dan Alan Shearer.

Cole terlebih dahulu mencatatkan rekor tersebut bersama dengan Newcastle United pada musim 1993-1994 dengan mengoleksi 34 gol.

Rekor tersebut disamakan Shearer yang membela Blackburn Rovers semusim setelahnya dengan jumlah gol yang sama.

Kini, pada musim perdananya bersama dengan The Citizens, putra dari Alf Inge-Haaland tersebut sudah menorehkan 51 gol untuk Man City di semua kompetisi.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Man City Gusur Arsenal, Liverpool Bungkam Fulham

Adapun pemain terakhir di kompetisi teratas Liga Inggris yang mampu mencatatkan minimal 35 gol dalam satu musim adalah Ron Davies dengan 37 gol kala merumput bersama Southampton.

Dari 35 gol yang telah diciptakan Haaland musim ini di Liga Inggris, ESPN telah merinci secara detail data-data terkait gol bomber Norwegia tersebut.

Gol eks penyerang Borussia Dortmund tersebut dominan dicetak menggunakan kaki kiri, yakni sebanyak 23 kali, diikuti dengan kaki kanan dan sundulan yang sama-sama berjumlah enam kali.

Sementara itu, 97 persen gol Haaland di Liga Inggris musim ini diciptakan dari dalam kotak penalti. Rinciannya, 22 gol diciptakan diciptakan dari six-yard box dan 11 gol lainnya diciptakan dari dalam daerah kekuasaan kiper.

Baca juga: Top Skor Liga Inggris, Haaland Pecahkan Rekor Gol Semusim

Satu gol lainnya yang dihasilkan Haaland dicetak dari luar kotak penalti kala Man City menang 3-0 atas Wolverhampton Wanderers.

Selain itu, pemain yang juga pernah merumput bersama RB Salzburg tersebut telah menciptakan 22 gol dari situasi regular atau open play, tujuh gol dari tendangan penalti, lima gol dari situasi tendangan sudut dan satu gol dari aksi serangan balik.

Halaman:
Sumber ESPN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com