Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rafael Struick Cetak Gol, Indonesia Jadi Tim Pertama Bobol Korsel

Kompas.com - 26/04/2024, 00:51 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Timnas U23 Indonesia untuk sementara unggul 1-0 atas Korea Selatan pada pertandingan perempat final Piala Asia U23 di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis (25/4/2024) atau Jumat pukul 00.30 WIB.

Gol pertama Indonesia diciptakan Rafael Struick pada menit ke-15. Dari luar kotak penalti, Rafael melepaskan tembakan keras dengan menggunakan kaki kanan. 

Baca juga: Korsel Vs Indonesia, Gol Korsel Dianulir Wasit

Bola bersarang ke atas gawang Korea Selatan. 

Dengan gol Rafael ini, Indonesia menjadi tim pertama yang sukses membobol gawang Korsel di ajang Piala Asia U23. Pada tiga pertandingan di babak penyisihan grup, gawang Korsel selalu seteril. 

Seluruh skuad Indonesia menyambut gembira gol Rafael. Namun, pelatih Shin Tae-yong tampak dingin mengingat Indonesia melawan Korsel yang merupakan negaranya sendiri. 

Pelatih Shin Tae-yong menurunkan Ernando Ari sebagai penjaga gawang di laga ini. Terjadi dua pergantian di lini belakang, yakni Muhammad Ferrari dan Fathur Rahman tidak akan dimainkan sebagai starter.

Di depan Ernando untuk memperkuat lini pertahanan Garuda Muda, diisi oleh Pratama Arhan, Rio Fahmi, Komang Teguh, Rizky Ridho, dan Justin Hubner.

Memperkuat duel di area tengah, STY menempatkan Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner.

Lini depan Garuda Muda akan diisi dengan tiga pemain yang sama kala menghadapi Yordania di laga terakhir Grup A.

Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, dan Rafael Struick dipercaya untuk mengisi lini serang Indonesia.

Menghadapi Taeguk Warriors, julukan Korea Selatan U23, Garuda Muda datang dengan hasrat yang tinggi menjelang laga ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Timnas U23 Korsel di Mata Jurnalis Korea

Para pemain termotivasi untuk bisa menjajaki babak semi final, guna memperoleh peluang menembus Olimpiade Paris 2024.

"Semua pemain sudah siap untuk menampilkan yang terbaik, kita akan ikuti instruksi dari pelatih untuk pertandingan besok dan semoga kita bisa menang, dan lanjut sampai ke target kita yaitu lolos ke Olimpiade Paris 2024,” ungkap Rizky Ridho.

Menghadapi Korea Selatan diperkirakan tidak akan mudah bagi Garuda Muda. Di mana Negeri Ginseng menorehkan catatanya yang cukup baik dalam 5 edisi terakhir Piala Asia U23.

Dari dari lima gelaran Piala Asia U23 yang sudah berlalu, Negeri Ginseng ini berhasil menembus semi final empat kali secara beruntun dan menjadi juara pada edisi 2020.

Susunan Pemain
Indonesia: 21-Ernando Ari, 10-Justin Hubner, 5-Rizky Ridho, 2-Rio Fahmi, 4-Komang Teguh, 12-Pratama Arhan, 6-Ivar Jenner, 23-Nathan Tjoe-A-On, 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman, 11-Rafael Struick

Korea Selatan: 12-Baek Jongbum, 2-Cho Hyun, 3-Hwang Jaewon, 5-Byun Junsoo, 7-Hong Sihoo, 8-Lee Kanghee, 13-Paik Sanghoon, 17-Eom Jisung, 18-Kang Seongjin, 22-Lee Taeseok, 23-Kim Dong-Jin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com