Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Run The City Medan Diikuti 1.000 Pelari, Usung Konsep Point to Point

Kompas.com - 05/05/2024, 15:04 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Run the City di Kota Medan, Sumatera Utara, berhasil terselenggara pada Minggu (5/5/2024).

Medan menjadi kota pertama yang terpilih dalam rangkaian acara LPS Monas Half Marathon 2024. Terdapat empat kota di Indonesia terpilih yang akan menyelenggarakan kegiatan lari ini.

Empat kota yang terpilih antara lain, Medan, Makassar, Surabaya, dan Jakarta.

Acara ini merupakan bentuk kerja sama Harian Kompas dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Tercatat 1.000 pelari mengikuti Run the City Medan kali ini, peserta menempuh total jarak 5 kilometer.

Acara berlangsung dengan konsep point to point, di mana pelari memulai balapan pada pukul 06.30 WIB dari Kantor Gubernur Sumatera Utara hingga finis di Lapangan Benteng.

Baca juga: Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Pelari menempuh rute dari jalan utama Kota Medan, antara lain Jl Pangeran Diponegoro, Jl KH Zainul Arifin, Jl Teuku Cik Ditiro, Jl Jenderal Sudirman, dan Jl Pemuda, sebelum Finish di Lapangan Benteng.

Peserta juga disuguhi pesona dari Kantor Gubernur Sumut, kawasan Little India, Vihara Gunung Timur, Rumah Tjong A Fie dan Kawasan Kota Tua Kesawan.

Race village di Lapangan Benteng turut dibangun dan dihadirkan dengan konsep festival turut dihadirkan guna menyambut pelari di garis finis.

Pelari yang ikut akan dikalungi medali bagi yang berhasil finish di Run The City Medan.

Medali Run The City dari 4 kota yang dikunjungi (Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta) menjadi collectible item yang bisa dikumpulkan pelari.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, menyebut acara lari ini dibuat untuk menyapa warga Medan.

Baca juga: Raffi Ahmad Ikutan London Marathon, Nagita Slavina Rela Boyong Speaker dari Jakarta

“Run The City Medan by Monas Half Marathon hadir di kota medan untuk menyapa warga Medan dan memperkenalkan lebih dalam tentang Lembaga Penjamin Simpanan," kata Purbaya.

Sementara, Wakil Pemimpin Redamsi Kompas, Adi Prinantyo, mengutarakan acara ini diselenggarakan dengan dasar banyak pelari di empat kota terpilih.

“Run The City merupakan program turunan dari LPS Monas Half Marathon, tahun ini diadakan di empat kota di Indonesia, yaitu Medan, Makassar, Surabaya, dan Jakarta," kata Adi.

"Empat kota ini dipilih berdasarkan banyaknya persebaran pelari di Indonesia dengan tujuan memperkenalkan LPS Monas Half Marathon kepada pelari di Indonesia," tambahnya.

Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan menjadi tuan rumah setelah Medan, kemudian Surabaya, Jawa Timur, dan terakhir penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com