Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Argentina Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Kompas.com - 31/03/2023, 12:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Argentina resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 setelah FIFA membatalkan penyelenggaraan turnamen itu di Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Olahraga Argentina Matias Lammens secara antusias menantikan penunjukan resmi FIFA kepada Argentina untuk menggelar Piala Dunia U20 2023

Matias Lammens menegaskan bahwa pemerintah mendukung penuh langkah Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

"Dari pemerintah nasional, kami sangat mendukung kemungkinan Piala Dunia U20 untuk sepak bola putra diselenggarakan di negara kami," ucapnya, dikutip dari media Argentina, Ole.

Baca juga: Argentina Resmi Ajukan Diri sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

"Saya berbicara dengan Presiden AFA (Asosiasi Sepak Bola Argentina) dan menyatakan dukungan kami untuk inisiatif tersebut," tuturnya melanjutkan. 

Matias Lammens mengungkapkan tiga manfaat penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023 di Argentina. 

"Membawa kompetisi global yang penting ini akan sangat bermanfaat bagi negara karena beberapa alasan. Pertama, membawa ribuan turis lebih dekat ke negara kami," ucapnya. 

"Kedua, akan menjadi contoh untuk memperkuat pencalonan kami sebagai tuan rumah Piala Dunia senior 2030 yang in kami selenggarakan bersama Uruguay, Paraguay, dan Chile," ujar Lammens. 

Baca juga: 6 Stadion Dapat Berkah Usai Piala Dunia U20 2023 Batal di Indonesia

"Akhirnya, itu akan memungkinkan warga Argentina untuk terus merayakan Piala Dunia yang kami menangi di Qatar dengan pesta sepak bola sejati di negeri ini," kata dia.

Matias Lammens juga mengungkapkan alasan Argentina ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

"Argentina memiliki stadion, infrastruktur, sejarah, semangat masyarakat untuk olahraga ini, dan mempunyai keinginan untuk menyelenggarakan acara sebesar Piala Dunia U20," kata dia. 

Masih dikutip dari Ole, undian Piala Dunia U20 2023 direncanakan berlangsung pada 20 April 2023 di Zurich, Swiss. 

Baca juga: Kerugian Finansial Setelah Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Namun, AFA akan meminta agar dilakukan di Argentina sesegara mungkin.

Presiden FIFA Gianni Infantino sudah mengatakan bahwa kepastian soal tuan rumah Piala Dunia U20 2023 akan diputuskan dalam beberapa hari ke depan. 

"Piala Dunia U20 pada Mei dan Juni seharusnya digelar di Indonesia, sayangnya kami harus memutuskan tidak bisa dimainkan di sana dan kami telah menerima pencalonan dari Argentina," kata Infantino dalam Kongres Conmebol (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan). 

"Saya memiliki surat dari Presiden Claudio Tapia, Kementerian Pariwisata dan Olahraga, serta Kementerian Ekonomi untuk mendukung dan memberi kami jaminan yang diperlukan untuk pencalonan Argentina," katanya. 

"Keputusan harus segera dibuat dalam beberapa hari ke depan. Permintaan Asosiasi Sepak Bola Argentina ini akan diteruskan ke Biro FIFA yang bakal menentukan tuan rumah Piala Dunia. Saya ingin berterima kasih kepada Presiden Tapia dan seluruh rakyat Argentina," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com