Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pele: Awal dari Segalanya, Sang Alfa Sepak Bola

Kompas.com - 30/12/2022, 07:20 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Pele disebut-sebut sebagai awal dari segalanya, yang pertama. Semua hal ajaib dari bintang sepak bola mana pun, sudah lebih dulu dilakukan Pele.

Penyerang belia Man City, Erling Haaland, menuliskan sebuah penghormatan apik kepada Pele yang meninggal dunia pada 29 Desember 2022 dalam usia 82 tahun.

Pele wafat di Rumah Sakit Albert Einstein, Brasil, pada 29 Desember atau 30 Desember 2022 dini hari WIB setelah berjuang melawan penyakit kanker usus.

“Segala hal yang dilakukan oleh pemain mana pun, Pele melakukannya terlebih dulu. RIP,” tulis Haaland melalui akun Twitter miliknya.

Perkataan Haaland terasa mengena. Sebut saja sejumlah teknik ikonik megabintang sepak bola, seperti putaran ala Johann Cruyff, elastico milik Ronaldinho, dribel croqueta Andres Iniesta, sampai tendangan salto ajaib Cristiano Ronaldo.

Semua itu sudah lebih dahulu dilakukan oleh Pele yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento.

Akun Twitter Football Away Days secara apik merangkum semua atraksi megabintang sepak bola yang juga bisa dilakukan oleh Pele.

“Raja sepak bola,” demikian keterangan yang disematkan akun Twitter Football Away Days dalam sebuah unggahan video kompilasi soal teknik Pele yang kini sudah ditonton lebih dari 26 juta kali.

Baca juga: Legenda Sepak Bola Brasil Pele Meninggal Dunia

“Kami sangat berduka mendengar kabar wafatnya Pele, salah satu pemain terbaik sepanjang masa,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

“Dia adalah bintang sepak bola dunia pertama dan berkat prestasinya di dalam serta luar lapangan, dia berperan sebagai pionir dalam perkembangan sepak bola yang menjadi olahraga terpopuler dunia.”

“Dia akan sangat dirindukan,” tutur Aleksander Ceferin.

Seperti kata Ceferin, Pele adalah yang pertama dari segalanya. Dia merupakan bilangan alfa dalam sejarah sepak bola.

Sampai akhir hayatnya, Pele masih memegang rekor fantastis yang bakal membuat mulut pencinta sepak bola ternganga.

Pele merupakan pemain termuda yang pernah menjuarai Piala Dunia. Ketika mengantar Brasil menjadi kampiun Piala Dunia, Pele masih berusia 17 tahun!

Baca juga: Pele Meninggal Dunia: Raja Abadi, Inspirasi, Perang Pun Terhenti…

Seorang remaja berumur 17 tahun plus 249 hari berperan sentral dalam perjalanan Brasil menuju podium juara Piala Dunia 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com