Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2022, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Dunia sepak bola berduka. Legenda Brasil, Pele, meninggal dalam usia 82 tahun di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Kamis waktu setempat atau Jumat (30/12/2022) dini hari WIB. 

Pihak keluarga menyampaikan kabar meninggalnya Pele yang bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento melalui pesan menyentuh yang diunggah di media sosial sang legenda. 

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan 'Raja' Pele, yang meninggal dunia dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson memesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melalukan kerja sosial di seluruh dunia dan menyebarkan apa yang paling dia yakini sebagai obat untuk semua masalah kita yaitu cinta," tulis Instagram Pele. 

"Pesannya hari ini menjadi warisan bagi generasi mendatang. Cinta, cinta, dan cinta selamanya." 

Baca juga: Pele Meninggal Dunia: Raja Abadi, Inspirasi, Perang pun Terhenti…

Dilansir dari Sky News, pihak rumah sakit Albert Einsten di Sao Paulo, Brasil, mengungkapkan bahwa Pele meninggal dunia karena kegagalan organ tubuh akibat penyakit kanker usus besar. 

"Rumah sakit Israelita Alber Einstein mengonfirmasi dengan diiringi rasa sesal atas meninggalnya Edson Arantes do Nascimento atau Pele hari ini, 29 Desember 2022, pukul 15.27 karena kegagalan banyak organ sebagai akibat dari perkembangan penyakit kanker usus besar yang terkait dengan kondisi medis sebelumnya," demikian pernyataan resmi rumah sakit. 

Pele menderita kanker usus besar (kolon) sejak 2021. Ia kemudian menjalani perawatan intensif sejak November lalu di rumah sakit Albert Einstein hingga mengembuskan napas terakhirnya. 

Baca juga: Pele Meninggal Dunia: Brasil Tetapkan 3 Hari Berkabung Nasional

Profil Pele

Edson Arantes do Nascimento atau Pele lahir di Tres Coracoes, Brasil, pada 23 Oktober 1940. 

Sepanjang kariernya, Pele hanya membela dua klub yaitu Santos FC (1956-1975) dan New York Cosmos sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada 1977. 

Bersama timnas Brasil, Pele pertama kali muncul ketika Piala Dunia 1958 di Swedia saat berusia 17 tahun. Pele mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 Brasil atas Wales pada perempat final Piala Dunia 1958. 

Baca juga: Pele Meninggal Dunia, Neymar hingga Messi Kirim Penghormatan Terakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+