Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naturalisasi Direstui, Shayne Pattynama Segera Kabulkan Wasiat Sang Ayah

Kompas.com - 09/11/2022, 16:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon pemain naturalisasi Shayne Pattynama mengaku sudah tidak sabar untuk memperkuat timnas Indonesia

Hal tersebut disampaikan Shayne Pattynama usai mendapat kepastian bahwa proses naturalisasinya telah mendapat restu dari Komisi X dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). 

Persetujuan naturalisasi Shayne Pattynama diputuskan oleh Komisi X DPR RI dalam rapat kerja yang berlangsung pada Selasa (8/11/2022). Keputusan yang sama juga diambil Komisi III DPR RI sehari setelahnya.

Rapat kerja Komisi III DPR RI dengan Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof. Edward Omar Sharif Hiariej, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan digelar di Gedung DPR RI, Rabu (9/11/2022). 

Baca juga: Komisi III DPR RI Restui Proses Naturalisasi Shayne Pattynama

"Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata pimpinan sidang Komisi III DPRI RI yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir, dilansir dari laman PSSI. 

Shayne Pattynama senang dan bersyukur. Ia pun berharap segala prosesnya berjalan lancar sehingga ia bisa segera menunaikan keinginan mendiang ayahnya. 

"Terima kasih atas semuanya, hari ini saya sangat bersyukur. Saya semakin dekat untuk mengabulkan keinginan ayah saya yang sangat menginginkan saya untuk bermain bersama timnas Indonesia," kata Shayne. 

"Mimpi saya dan ayah saya itu sangat besar, saya sangat ingin membela timnas Indonesia dan juara bersama. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar," ucap Shayne Pattynama. 

Baca juga: Kapan Jordi Amat dan Sandy Walsh Jalani Sumpah WNI? Ini Bocorannya

Shayne Pattynama yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998, saat ini merupakan pemain klub Liga Norwegia, Viking FK. 

Sejauh ini, Shayne Pattynama sudah mencatatkan 26 penampilan untuk Viking FK. Dia juga sudah mencatatkan dua gol meski bermain sebagai bek. 

Sebelum Shayne Pattynama, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh juga sudah mendapatkan restu dari DPR RI. 

Jordi Amat dan Sandy Walsh kini tinggal menunggu proses pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com