Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ligue 1 Punya Messi, Bundesliga Punya Mimpi untuk Indonesia

Kompas.com - 23/09/2022, 07:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Ligue 1 alias Liga Perancis memiliki Lionel Messi sebagai daya tarik utama. Di lain sisi, Bundesliga mempunyai mimpi untuk Indonesia.

Liga Jerman atau Bundesliga merupakan salah satu dari lima kompetisi elite Eropa.

Liga Inggris (Premier League), Liga Spanyol (LaLiga), Liga Italia (Serie A, dan Liga Perancis (Ligue 1) melengkapi konstelasi 5 liga top di Benua Biru.

Kendati baru ditinggal para bintang besar semodel Robert Lewandowski (dari Bayern Muenchen ke Barcelona) dan Erling Haaland (Dortmund ke Man City), Bundesliga diyakini tetap punya pesona tersendiri.

Apa lagi pesona Bundesliga yang membuat mereka bisa tetap bersaing dengan Ligue 1 yang punya Lionel Messi atau Premier League, yang berputar kencang sebagai sebuah industri?

“Saya pikir sebuah liga punya arti yang jauh lebih besar daripada satu pemain tertentu yang datang dan pergi," kata Kevin Sim, Head of APAC Bundesliga dalam sebuah sesi interviu daring yang turut dihadiri KOMPAS.com, Rabu (21/9/2022).

"Sebelum Erling Haaland ada striker hebat lain, sebelum Lewandowski ada Aubameyang, selalu ada pemain yang merekah dari Bundesliga.” 

Baca juga: Keberanian Thomas Doll Undang Kekaguman Legenda Bundesliga

“Saya pikir yang kami inginkan sebagai sebuah liga, adalah Bundesliga ingin dikenal sebagai kompetisi yang memberikan pengalaman luar biasa bagi fan bukan hanya di dalam lapangan, tapi juga melalui layar televisi.”

“Kami ingin menampilkan sepak bola menghibur berkelas dunia. Orang menyaksikan Bundesliga untuk menikmati tim terbaik dan yang pasti gol,” tutur Kevin Sim yang menjadi kepala Bundesliga di region Asia Pasifik selama 5 tahun belakangan ini.

Kevin Sim menuturkan sebuah fakta soal kenapa Bundesliga selalu punya tempat tersendiri di hati fan sepak bola asal Asia.

Selain karena kerap menjadi liga penghasil gol terbanyak, Bundesliga juga rutin mengorbitkan talenta-talenta terbaik dari Asia.

Ali Daei (Iran), Mehdi Mahdavikia (Iran), Son Heung-min (Korea Selatan), hingga Makoto Hasebe (Jepang) adalah sejumlah bintang-bintang Asia yang mewarnai Bundesliga.

“Kenapa Bundesliga terlihat atraktif untuk fan dari Asia Pasifik? Jawabannya simpel. Coba lihat dari perspektif ini. Kami bekerja keras untuk menjalin koneksi Bundesliga dengan region ini,” kata Kevin Sim.

Baca juga: Cerita Legenda Bundesliga Suka Mi Instan Indonesia

“Anda bisa lihat Bundesliga memiliki pemain Asia lebih banyak dari liga-liga Eropa lain, secara historis maupun dalam beberapa tahun terakhir.”

“Ada 27 pemain Asia di Bundesliga, itu menghitung pemain di Bundesliga 1 dan 2. Sebanyak 17 pemain ada di divisi teratas dan 10 lainnya di divisi dua,” ucapnya lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com