Kompas.com - 12/08/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Kompetisi sepak bola Liga Jepang, J League, sudah menghasilkan sejumlah pemain yang sukses meniti karier di liga top Eropa. 

Dalam dua dekade terakhir, banyak pemain muda asal Liga Jepang yang menjadi andalan di klub-klub Benua Biru. 

Musim ini, ada beberapa pemain muda rising star yang berpeluang mengguncang sepak bola Eropa. Berikut beberapa rising star yang pernah bermain di J League dan kini berkarier di liga-liga top Eropa:

Baca juga: J-League Beri Warna Dominan di Piala Asia Timur 2022

1. Takehiro Tomiyasu (Arsenal) - 23 tahun

Takehiro Tomiyasu yang berusia 23 tahun tahun adalah pemain timnas Jepang yang kini membela klub Premier League alias Liga Inggris, Arsenal. 

Dia bisa bermain sebagai bek kanan maupun bek tengah dan sudah jadi andalan timnas Jepang sejak menjalani debutnya melawan Panama pada 12 Oktober 2018. 

Lahir di Fukuoka, Tomiyasu mengawali kariernya dengan bergabung ke akademi klub J League lokal di sana, yakni Avispa Fukuoka, pada 2009 saat berusia 11 tahun.

Lima tahun di akademi, Tomiyasu menjalani debut tim senior pada 14 Oktober 2015 pada laga Piala Kaisar melawan Machida Zelvia.

Tomiyasu kemudian debut di J League pada 13 Juli 2016 saat melawan FC Tokyo, lalu menjadi salah satu pemain tak tergantikan di skuad Avispa Fukuoka.

Dia total bermain 56 kali untuk tim senior Avispa Fukuoka di semua ajang termasuk J League hingga memutuskan pindah ke tim Liga Belgia, Sint-Truiden, pada awal 2018.

Baca juga: J-League Beri Warna Dominan di Piala Asia Timur 2022

Setengah musim di Sint-Truiden, ia dibeli tim Serie A, Bologna. Setelah bermain dua musim di Italia, ia dibeli Arsenal pada musim panas 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.