Hasanuddin Wahid
Sekjen PKB

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Anggota Komisi X DPR-RI.

Mendesain Olahraga untuk Prestasi dan Pembangunan Ekonomi

Kompas.com - 10/01/2022, 08:09 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DALAM periode hampir dua tahun terakhir, acara olahraga yang tak terhitung jumlahnya - lokal, nasional, atau internasional - telah ditunda atau paling buruk, dibatalkan sama sekali.

Di tingkat internasional misalnya, Olimpiade Tokyo 2020 dan UEFA EURO 2020 ditunda hingga 2021demikian juga kejuaraan dunia sepakbola U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia ditunda hingga 2023.

Di Indonesia, sejumlah event olahraga juga ditunda. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 dan Liga 2, pada 2020 ditunda paling tidak dua kali. Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) yang sedianya dilaksanakan pada Oktober 2020 diundur ke Oktober 2021.

Baca juga: Ada Inspirasi Prestasi Olahraga Usai Olimpiade Tokyo 2020

Pencapaian olahraga selama tahun 2021

Menariknya, meski dalam suasana Covid-19, selama tahun 2021 Indonesia mampu mencatat sejumlah pencapaian yang membanggakan. Dalam Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia meraih lima medali, yaitu satu medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu, serta berhasil menduduki peringkat ke-55.

Di ajang Paralimpiade Tokyo, Indonesia berhasil membukukan sembilan medali, yaitu dua medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu serta berhasil menduduki peringkat ke-43.

Selain sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX / PON Papua 2021 pada 2-15 Oktober 2021, Indonesia juga sukses menyabet kembali Piala Thomas 2021 setelah absen 19 tahu. Kementerian Olahraga juga dinilai berhasil menyelenggarakan perhelatan Superbike di Mandalika, dan yang paling anyar keberhasilan Indonesia masuk dalam final Piala AFF 2020, setelah menumbangkan Singapura, 4-2.

Desain besar olahraga nasional

Sebagaimana diketahui, bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Dasar pertimbangan diterbitkannya DBON adalah diperlukannya arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif.
DBON merupakan dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

Adapun tujuan DBON adalah untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat; meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional; serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

Bertolak dari Perpres tersebut, Kementerian Pemuda dan Olaharga telah menetapkan 10 provinsi menjadi sentra pembinaan. Masing-masing Papua (Jayapura), DKI Jakarta (Jakarta), Sulawesi Selatan (Makassar), Jawa Barat (Bandung), Jawa Timur (Surabaya), Jawa Tengah (Semarang), NTB (Mataram), Sumatera Selatan (Palembang), Sumatera Utara (Medan) dan Kalimantan Timur (Samarinda).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.