Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Piala Kaisar: Kompetisi Sepak Bola Tertua Jepang, Ajang Penentuan Tim Terbaik Negeri Sakura

Kompas.com - 05/12/2021, 19:11 WIB
Eris Eka Jaya

Editor

KOMPAS.com - The Emperor's Cup JFA All-Japan Soccer Championship Tournament atau biasa disebut Emperor's Cup alias Piala Kaisar adalah kejuaraan sepak bola spesial di Jepang.

Piala Kaisar merupakan kompetisi sepak bola tertua di Jepang yang telah digelar sejak 1921.

Tak hanya menjadi kompetisi sepak bola tertua di Jepang, Piala Kaisar juga punya gengsi tinggi karena juga menjadi ajang penentuan tim terbaik di Negeri Sakura.

Selain mengangkat trofi, pemenang Piala Kaisar juga akan menyandang status sebagai "Tim Terbaik di Jepang".

Sebab, kejuaraan ini diikuti oleh seluruh lapisan sepak bola Negeri Sakura, mulai dari klub-klub J.League, tim-tim amatir dari JFL, liga lokal, hingga tim-tim universitas dan SMA dari seluruh penjuru Jepang.

Piala Kaisar pun menjadi salah satu dari dua turnamen sepak bola terkenal di dunia yang namanya diambil dari monarki setempat selain Copa del Rey di Spanyol.

Baca juga: Sejarah J League Cup, Salah Satu Kompetisi Teratas di Jepang

Karena pesertanya berasal dari seluruh lapisan sepak bola Jepang, Piala Kaisar pun kerap menghadirkan kejutan. Tim-tim kecil sering menjadi batu sandungan klub-klub besar.

Salah satu kejutan paling terkenal dalam sejarah Piala Kaisar terjadi pada musim 2003-2004.

Kala itu, Yokohama F.Marinos yang berstatus sebagai tim juara J.League 2003 secara mengejutkan ditahan imbang 2-2 oleh tim SMA Funabashi pada ronde ketiga.

Yokohama F.Marinos pun harus bersusah payah menundukkan SMA Funabashi lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-1.

Format

Sepanjang sejarah kompetisi, Piala Kaisar telah mengalami berulang kali perubahan format.

Pada musim ini yang merupakan edisi ke-100, Piala Kaisar diikuti oleh 90 tim, terdiri dari 20 tim J1 League, 22 tim J2 League, 1 wakil tim amatir terbaik, dan 47 wakil dari setiap prefektur.

Wakil masing-masing prefektur biasanya ditentukan lewat kompetisi lokal daerah terebut. Pemenangnya pun beragam, mulai dari tim J3, tim amatir, tim universitas, hingga tim SMA.

Ronde pertama kompetisi Piala Kaisar biasanya dimulai pada Mei. Sementara, partai final digelar pada 1 Januari tahun berikutnya. Piala Kaisar juga menjadi penanda penutup musim kompetisi sepak bola di Jepang.

Baca juga: 5 Stadion Unik nan Canggih di J League, Salah Satunya Bisa Jadi Trek Balap Mobil

Meski begitu, karena beberapa alasan, kadang laga final tak digelar pada tahun baru. Contohnya adalah tahun ini di mana final Piala Kaisar bakal dilangsungkan pada 19 Desember 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com