Kompas.com - 30/11/2021, 07:04 WIB
Kombinasi file foto yang dibuat pada 29 November 2021, menunjukkan reaksi penyerang Lionel Messi, saat menerima penghargaan sepak bola Ballon d'Or. Lionel Messi baru saja memenangi penghargaan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya dalam sebuah upacara di Paris pada 29 November 2021. AFP/FRANCK FIFEKombinasi file foto yang dibuat pada 29 November 2021, menunjukkan reaksi penyerang Lionel Messi, saat menerima penghargaan sepak bola Ballon d'Or. Lionel Messi baru saja memenangi penghargaan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya dalam sebuah upacara di Paris pada 29 November 2021.

KOMPAS.com - Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, mengecam pihak France Football seusai dirinya disebut memiliki ambisi utama untuk mengejar trofi Ballon d'Or Lionel Messi.

Majalah olahraga Perancis, France Football, merupakan pencetus sekaligus penyelenggara ajang penghargaan pemain terbaik dunia, Ballon d'Or. 

Sejak 1956, France Football secara rutin memberikan trofi bola emas kepada pesepak bola terbaik setiap tahunnya.

Ajang penghargaan Ballon d'Or hanya sekali ditiadakan pada 2020 karena pandemi Covid-19.

Adapun Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan dua sosok yang mendominasi panggung Ballon d'Or selama lebih dari satu dekade terakhir.

Baca juga: Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Ballon dOr 2021, dari Messi hingga Lewandowski

Kedua "dewa" sepak bola itu silih berganti menerima trofi bola emas sejak 2008.

Tercatat, dominasi Ronaldo dan Messi hanya sekali terhenti ketika Luka Modric memenangi Ballon d'Or pada 2018.

Setahun kemudian, Messi kembali menyabet trofi Ballon d'Or dan membuatnya menjadi pemain tersukses yang meraih gelar itu.

Saat itu, La Pulga meraih trofi Ballon d'Or keenam sehingga mengungguli Ronaldo yang memiliki lima gelar sebagai pemain tersukses kedua.

Baca juga: BREAKING NEWS - Lionel Messi Raih Penghargaan Ballon dOr 2021

Mereka kembali bersaing di ajang Ballon d'Or 2021 setelah masuk dalam nomine pemain terbaik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.