Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan PSS Lolos Degradasi Bekuk Persib, Sang Penentu Emosional

Kompas.com - 30/04/2024, 21:48 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSS Sleman akhirnya selamat degradasi setelah di pertandingan terakhir Liga 1 2023-2024 RANS Nusantara FC gagal menang dari PSM Makassar. 

PSS juga mampu menentukan nasibnya sendiri di kasta tertinggi kompetisi usai mengalahkan tim papan atas Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Selasa (30/4/2024). 

Hasil PSS vs Persib berkesudahan dengan skor 1-0. Gol kemenangan Elang Jawa diciptakan oleh Ajak Riak pada menit-menit akhir lewat titik putih.

Sejak awal pertandingan, PSS kesulitan menembus pertahanan Persib yang turun dengan pemain lapis keduanya.

Baca juga: PSS Vs Persib, Saat Pelapis Maung Kandas 10 Pemain Elang Jawa

Penyelesaian akhir yang buruk buat PSS asuhan Risto Vidakovic deadlock di babak pertama. Petaka tampak datang pada menit 55 ketika Jihad Ayoub menerima kartu kuning kedua, berarti kartu merah. 

Namun, meski bermain dengan 10 pemain, PSS tetap memberikan perlawanan hingga kesalahan bek Persib Zalnando dibayar mahal oleh penalti Riak. 

Usai laga Risto cukup senang bisa mengantarkan PSS tetap bertahan di kasta tertinggi Liga Indonesia. Menurut dia, Sleman pantas bertahan di Liga 1. 

“Selamat kepada pemain yang berjuang pada pertandingan hari ini, saya bangga melihat perjuangan mereka, mereka bekerja sangat baik meskipun dihadapkan dengan situasi yang sangat sulit,” kata Risto. 

“Ini selalu kami lakukan bukan di pertandingan ini saja, tapi di beberapa pertandingan sebelumnya kami hadapi dengan sulit, tapi kami di lapangan selalu berjuang dan jujur, mereka layak untuk tetap bertahan di Liga 1,” ujarnya. 

Baca juga: Hasil PSS Vs Persib, Maung Bandung Kalah, Super Elja Selamat

Pada akhirnya tim yang terseok-seok sepanjang musim dan berulang kali ganti pelatih bisa selamat dari ancaman degradasi. Rasa haru bangga dan haru menghiasi skuad PSS Sleman seusai pertandingan. 

“Tidak banyak yang bisa dibicarakan, yang dibicarakan pada pertandingan hari ini ialah pertandingan yang sulit, ada kartu merah tapi pemain berjuang sampai menit akhir,” ungkap Risto. 

“Saya sampaikan permainan mereka di akhir sangat layak berada di Liga 1,” sebutnya. 

Baca juga: Hasil PSS Vs Persib, Maung Bandung Kalah, Super Elja Selamat

Sementara itu pahlawan kemenangan PSS Ajak Riak tak bisa menyembunyikan rasa emosionalnya usai mencetak gol kemenangan di menit akhir. 

Ia melepas jersey dan melakukan selebrasi kemenangan bersama rekan-rekan satu tim. 

“Saya pikir ini pertandingan yang sangat sulit, apalagi sebenarnya setelah kartu merah, kami menampilkan permainan yang baik,” kata Riak. 

“Pemain berjuang sangat baik, para fans juga percaya kepada kami, manajemen dan semua orang-orang di klub membantu dalam mencapai tujuan, saya senang, ini juga persaingan yang bagus untuk akhir pertandingan,” tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com