Cara Otavio Dutra Ekspresikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Kompas.com - 17/08/2021, 09:47 WIB
Pemain naturalisasi Otavio Dutra bersama keluarganya memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dokumentasi PribadiPemain naturalisasi Otavio Dutra bersama keluarganya memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gegap gempita Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ikut dirayakan oleh bek naturalisasi Persija Jakarta, Otavio Dutra.

Semenjak mengajukan proses naturalisasi pada 2019 silam, Dutra selalu punya cara tersendiri untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Tahun ini, pemain berdarah Brasil tersebut mengekspresikan Hari Kemerdekaan dengan fun run.

Meskipun punya tujuan rekreasi, Otavio Dutra melihat kegiatan fun run mengusung nilai-nilai dan juga semangat kemerdekaan. Ada kerja keras, semangat pantang menyerah, dan juga solidaritas sampai mencapai garis finis.

Baca juga: Perjalanan Karier Marc Klok, Gelandang Naturalisasi yang Resmi Tinggalkan Persija

“Acara lari ini sengaja mengambil momentum Kemerdekaan Indonesia, sebagai pemersatu sekaligus mewujudkan solidaritas serta kebersamaan di masyarakat,” ujar Dutra kepada Kompas.com, Selasa (17/8/2021).

Selain itu, filosofi lainnya kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua orang. Baik remaja, dewasa, maupun yang tua semuanya punya satu semangat yang sama, yaitu bergerak untuk mencapai garis finis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilai plusnya kegiatan fun run juga selalu efektif untuk meningkatkan gairah hidup supaya menjadi pribadi yang lebih tahan banting dalam menghadapi kondisi yang ada.

"Selain itu pula, kegiatan ini ditujukan untuk mendorong kaum muda agar bersemangat dan selalu ingat untuk terus bahagia dalam beraktivitas maupun berkarya di kondisi apa pun," katanya.

Baca juga: Makna Kemerdekaan bagi Bayu Gatra, Bukan Hanya soal Berkorban Nyawa...

Di sisi lain merayakan hari 17 Agustus menjadi agenda rutin yang dilaksanakan Otavio Dutra dalam tiga tahun terakhir.

Pada tahun 2019, Dutra merayakan HUT ke-74 RI dengan cara ikut berpartisipasi dalam upacara bendera di sekolah putrinya.

Padahal, pada saat itu dia belum resmi menjadi WNI karena proses naturalisasinya dalam tahap pengajuan.

Sementara pada tahun 2020 kemarin, dia merayakan HUT ke-75 RI dengan membentangkan bendera Merah Putih di balkon rumahnya sebagai bentuk ekspresi kegembiraan di tengah keprihatinan karena pandemi.

Itu juga menjadi perayaan HUT RI pertamanya setelah resmi menjadi WNI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.