Kompas.com - 11/07/2021, 07:00 WIB
LONDON, INGGRIS - 26 JUNI: Roberto Mancini (kanan) melakukan selebrasi bersama Gianluca Vialli (tengah) dan Alberico Evani (kiri) dalam laga 16 besar Euro 2020 antara Italia vs Austria di Stadion Wembley, 26 Juni 2021. Alex Morton - ©UEFALONDON, INGGRIS - 26 JUNI: Roberto Mancini (kanan) melakukan selebrasi bersama Gianluca Vialli (tengah) dan Alberico Evani (kiri) dalam laga 16 besar Euro 2020 antara Italia vs Austria di Stadion Wembley, 26 Juni 2021.
|

KOMPAS.com - Pahit disimpan selama 29 tahun oleh Gol Kembar Sampdoria, Roberto Mancini dan Gianluca Vialli. Final Euro 2020 memunculkan kesempatan bagi keduanya untuk melakukan penebusan.

Apa penyesalan terbesar Roberto Mancini sebagai seorang pemain? Pria kelahiran Jesi tersebut bakal menunjuk momen pada 20 Mei 1992 di Stadion Wembley.

Ya, Stadion Wembley, arena serupa yang akan menjadi panggung final Euro 2020 antara anak asuh Mancini, Italia, melawan Inggris, Minggu (11/7/2021) atau Senin (12/7/2021) dini hari pukul 02.00 WIB.

Pada 29 tahun silam, stadion yang terletak di kawasan barat laut London tersebut meninggalkan salah satu momen pahit dalam karier Mancini sebagai pesepak bola.

Baca juga: Kisah Persahabatan Mancini-Vialli yang Mengiringi Langkah Italia ke Final Euro 2020

Mancini yang berduet dengan Gianluca Vialli di lini depan Sampdoria, mendapati timnya kalah 0-1 dari Barcelona pada final Piala Champions 1992.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terasa lebih menyakitkan lantaran gol kemenangan Barcelona yang diciptakan Ronald Koeman datang pada masa perpanjangan waktu.

Duet Mancini-Vialli yang dilabeli media Italia dengan sebutan Il Gemelli del Gol (Gol Kembar) harus pulang ke Italia dengan tangan hampa.

“Penyesalan terbesar dalam karier saya,” kata Mancini mengenang kekalahan di final Piala Champions dari Barcelona 29 tahun silam.

Pahit kekalahan tersebut bakal jadi bahan bakar Gol Kembar Sampdoria untuk kembali menyambangi Wembley akhir pekan ini.

Mancini tak lagi datang sebagai kapten Sampdoria. Ia kini berstatus commissario tecnico alias pelatih timnas Italia.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.