Tak Berani Berspekulasi, Arema FC Berharap Kepastian Liga 1

Kompas.com - 07/05/2021, 08:20 WIB
Johan Ahmad Alfarizi saat latihan perdana bersama Arema FC untuk persiapan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (22/02/2021) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuJohan Ahmad Alfarizi saat latihan perdana bersama Arema FC untuk persiapan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (22/02/2021) sore.

MALANG, KOMPAS.com - General Manajer Arema FC Ruddy Widodo tidak mau berandai-andai terlalu jauh mengenai jadwal penyelenggaraan Liga 1 2021 yang direncanakan bergulir 3 Juli.

Sebab, meskipun Piala Menpora 2021 sudah berjalan dengan sukses, hingga saat ini belum ada kabar lanjutan mengenai pemberian izin Liga 1.

Selain itu, rangkaian kejadian yang disebabkan euforia final Piala Menpora membuat otoritas pemberi izin berpikir lebih panjang untuk untuk memberi "lampu hijau".

"Kalau dari sisi penyelenggaraan sudah baik, yang jadi pikiran sekarang impact karena case kemarin. Karena tidak hanya pihak kepolisian, Satgas Covid 19 pasti 'memelototi' akibat dari hasil pertandingan kemarin (kerumunan)," tutur pria asal Madiun itu.

"Ya semoga pendalamannya tidak lama-lama," katanya.

Baca juga: Berpacu dengan Waktu, Arema Susun Jadwal Pemain dan Pelatih Baru

Insiden keramaian yang terjadi merupakan gambaran dari euforia massa terhadap sebuah pertandingan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut memberi gambaran baru bagi para pemangku kebijakan yang otomatis membuat euforia massa ikut menjadi bahan pertimbangan untuk mengeluarkan izin kompetisi.

"Artinya impact dari itu kan, kalau kecewa berbuat yang tidak baik, kalau euforia terlalu senang berlebihan juga berbuat tidak baik. Ya, itu pasti dari dua sisi tersebut pihak Satgas Covid dan keamanan mendalami," katanya.

Pesta perayaan para pemain Persija Jakarta setelah menjuarai Piala Menpora 2021 dengan kemenangan 4-1 secara agregat atas Persib Bandung. Persija menang 2-1 atas Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, pada laga leg kedua final, Minggu (24/4/2021) malam WIB.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pesta perayaan para pemain Persija Jakarta setelah menjuarai Piala Menpora 2021 dengan kemenangan 4-1 secara agregat atas Persib Bandung. Persija menang 2-1 atas Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, pada laga leg kedua final, Minggu (24/4/2021) malam WIB.

Ruddy Widodo juga meyakini proses pendalaman atau pengkajian kembali tidak lepas dari empat klub dengan basis suporter terbesar di Indonesia, yakni Arema FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan Persib Bandung.

"Ya memang empat klub ini saja yang menjadi fokus. Bagaimana kalau Arema nanti bertemu dengan Persebaya, bagaimana Persija bertemu dengan Persib, bagaimana antisipasinya," kata pria berkacamata itu.

Baca juga: Mengintip Rekam Jejak Pelatih Baru Arema FC di Kompetisi Asia

Dia pun tidak bisa memprediksi kapan izin akan segera dirilis, hanya bisa berharap kabar baik segera dirilis entah sebelum atau sesudah Lebaran.

"Kalau kami dari klub ini kan inginnya semakin cepat semakin baik. kalau saya baca dari beberapa media katanya liga awal Juli," tuturnya.

"Ya mudah-mudahan sebelum Hari Raya sudah keluar izin, jadi kami bisa persiapkan program sesuai dengan itu," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X