Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Timnas, Pelatih Persib Berharap Liga 1 2021 Bisa Bergulir

Kompas.com - 29/04/2021, 22:00 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap izin digelarnya kompetisi Liga 1 2021 segera terbit.

Saat ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang dalam proses mengajukan izin digelarnya kompetisi ke sejumlah instansi terkait seperti; Satgas Covid-19 hingga Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Diharapkan, izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola profesional Indonesia terbit pada awal Mei 2021.

Alberts mengatakan, bila sampai kompetisi kembali tidak bisa digulirkan pada musim ini, maka akan menjadi kerugian besar bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

Baca juga: Antisipasi Persebaya Usai Lini Belakang Laris Manis Diborong Timnas

Menurut Alberts, sepak bola Indonesia akan semakin tertinggal dari negara lainnya. Pasalnya kompetisi domestik di Indonesia terhenti selama dua musim (2020 dan 2021). Adapun di kebanyakan negara, kompetisi sepak bola tetap digulirkan meski dalam situasi pandemi virus corona.

Hal yang tentu akan berimbas buruk pada performa timnas Indonesia di ajang internasional. Sebagaimana diketahui, kompetisi menjadi salah satu aspek penting dalam persiapan tim nasional melakoni laga internasional.

"Jika tidak memulai liga sekarang, maka sepak bola Indonesia semakin tertinggal dari negara lain. Dan itu tentu tidak bagus untuk tim nasional," kata Alberts kepada wartawan, Kamis (29/4/2021).

"Jadi saya sangat berharap kompetisi Indonesia bisa bergulir musim ini. Negara lain bahkan sudah bisa disaksikan oleh penonton lagi sekarang," sambung dia.

PSSI dan PT LIB sudah menyiapkan berbagai opsi skema penyelenggaraan Liga 1 2021. Salah satu opsi yang disiapkan adalah, kompetisi digelar dalam format bubble.

Artinya, ada kemungkinan kompetisi digelar dengan format turnamen seperti Piala Menpora, bukan format kompetisi penuh yang biasanya diterapkan dalam penyelenggaraan kompetisi Indonesia sebelumnya.

Alberts mengatakan, dirinya tidak terlalu mempermasalahkan format yang akan diterapkan dalam kompetisi. Dikatakan pelatih asal Belanda itu, terpenting adalah penyelenggaraan Liga 1 2021 segera menemui kepastian.

"Terpenting saat ini adalah kepastian kompetisi. Bagaimana format liga itu sendiri, apakah home and away, atau turnamen lagi," ungkap Alberts.

"Saya rasa terkait format sedang dipikirkan berdasarkan evaluasi dari turnamen ini (Piala Menpora 2021). Apa format terbaik untuk sepak bola di Indonesia," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com