Kompas.com - 22/04/2021, 04:00 WIB
Pemain asing Persija Jakarta Yan Motta melakukan selebrasi dengan kipernya Andritany saat babak penyisihan Grup B melawan Borneo FC yang berakhir dengan skor 0-4 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/03/2021) malam. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain asing Persija Jakarta Yan Motta melakukan selebrasi dengan kipernya Andritany saat babak penyisihan Grup B melawan Borneo FC yang berakhir dengan skor 0-4 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/03/2021) malam.

SLEMAN, KOMPAS.com - Jelang laga final leg pertama Piala Menpora 2021 melawan Persib Bandung, pelatih Persija Jakarta, Sudirman, sedikit mengeluhkan soal mepetnya waktu recovery para pemainnya.

Dia menyebut harus bermain dengan rentang waktu yang tak lama dan harus berpindah-pindah venue pertandingan membuat kondisi pemain mengalami kelelahan.

Terlebih lagi, di laga terakhir, mereka harus menyelesaikan pertandingan semifinal leg kedua melawan PSM Makassar hingga babak adu penalti.

Namun, Sudirman enggan mengeluhkan kondisi tersebut. Dia lebih memilih fokus menyiapkan kondisi mental pemainnya menghadapi laga sarat gengsi melawan Persib Bandung.

Dia menginginkan para pemainnya dalam kondisi siap tempur jelang pertandingan final tersebut.

Baca juga: Jadwal Final Piala Menpora 2021, Persija Jakarta Vs Persib Bandung

"Dikatakan mengganggu, kami harus tetap melakukan ya, tetapi yang pasti rasa kelelahan itu ada ya. Sebab, kita tahu setelah pertandingan, kami selalu pindah lagi ke kota yang berbeda," tutur Sudirman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu juga memengaruhi recovery pemain. Namun, apa pun itu, kedua tim pasti melakukan hal yang sama. Kami puasa, mereka juga puasa, yang paling penting dalam pertandingan ini adalah bagaimana mental-mental pemain," katanya.

Sudirman mengaku telah menyiapkan timnya untuk mengantisipasi serangan pemain-pemain Persib Bandung.

Sejauh ini, Persib Bandung tercatat sebagai tim paling produktif di Piala Menpora.

Baca juga: Final Piala Menpora Persija Vs Persib, Kata Marc Klok soal Performa Ezra Walian

Oleh karena itu, Sudirman tidak akan memberikan keleluasaan pemain-pemain Persib Bandung untuk menekan lini pertahanan Persija Jakarta.

Dia juga bertekad untuk dapat meraih kemenangan di laga final leg pertama besok guna menjaga peluang mereka menjadi kampiun Piala Menpora 2021.

"Pemain saya kuat untuk menghadapi segala serangan atau permainan dari Persib Bandung," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.