Penggemar Sambut Positif Siaran Langsung J1 League di Indonesia

Kompas.com - 05/03/2021, 04:30 WIB
Gamba Osaka dan Sanfrece Hiroshima bersiap melakukan kick-off final pertama J1 League di Osaka Expo '70, Rabu (2/12/2015). Jalu W. Wirajati/Kompas.comGamba Osaka dan Sanfrece Hiroshima bersiap melakukan kick-off final pertama J1 League di Osaka Expo '70, Rabu (2/12/2015).
|

KOMPAS.com - Bicara soal kekuatan sepak bola Asia, tentu Jepang akan menjadi salah satunya. Pernah enam kali tampil pada ajang Piala Dunia adalah bukti kemajuan sepak bola Negeri Matahari Terbit tersebut.

Beberapa pemain asal Jepang pun telah mengorbit ke beberapa kompetisi elite dunia.

Sebut saja sebelumnya ada legenda Hidetoshi Nakata yang pernah membela Parma dan AS Roma (Serie A) hingga kini ada Takumi Minamino, pemain Liverpool yang tengah dipinjamkan ke Southampton (Liga Inggris).

Majunya sepak bola Jepang terjadi karena beberapa faktor pendukung, salah satunya adalah kian berkembangnya liga domestik yang makin berjalan menarik dan kompetitif.

Kini, gelaran kompetisi teratas Liga Jepang J1 League musim 2021, yang telah dimulai sejak akhir pekan kemarin, dapat disaksikan siaran langsungnya di televisi oleh para pencinta sepak bola di Indonesia.

Baca juga: Mantan Pemain Timnas Jepang Jadi Manajer Klub J-League

Musim lalu, gelaran J League disiarkan langsung ke 31 negara di dunia. Jumlah penonton juga menanjak tinggi, terutama di China dan Thailand, naik 32 persen dari musim sebelumnya menjadi 15,2 juta penonton.

Musim ini, ada dua daerah baru yang akan memiliki hak siar resmi dari J League. Pertama adalah daerah Timur Tengah dan Afrika Utara yang akan disiarkan langsung oleh Dubai Sport. Kedua, ada Indonesia yang kini hak siarnya dipegang oleh K-Vision.

Hadirnya siaran langsung J League di Indonesia mendapat sambutan positif penggemar sepak bola Matahari Terbit, seperti yang dirasakan oleh admin kelompok penggemar J League di Indonesia, yaitu Indo JLeague, Hendy Chueng.

"Rasanya senang sekali akhirnya di Indonesia ada yang memegang hak siar resmi J League. sudah cukup lama teman-teman fans J League di Indonesia menantikannya," ujar Chueng, dalam siaran pers yang diterima, Kamis (4/3/2021).

"Selama ini kami sering kesulitan untuk bisa menyaksikan pertandingan J League," tuturnya.

"Musim lalu cukup terobati dengan tayangnya J League di YouTube. Musim ini kami berharap bisa menyaksikan banyak pertandingan J League tiap pekannya, tidak hanya satu pertandingan. Ini agar fans J League di sini punya opsi menyaksikan pertandingan klub favoritnya," katanya.

Baca juga: Musim Ini, J-League Ekspor Pemain ke Jerman

Setiap pekan, K-Vision akan menyiarkan dua laga pilihan. Pada pekan pertama lalu, mereka menyiarkan laga Kawasaki Frontale vs Yokohama F. Marinos dan Vissel Kobe vs Gamba Osaka.

Selain via K-Vision, ada empat cara untuk menonton gelaran J1 League di Indonesia. Di K-Vision, siaran langsung Liga Jepang akan tayang di channel MNC Sport dan atau Soccer Channel.

Selain itu, penggemar J League juga bisa menyaksikan melalui MNC Vision (Channel: MNC Sport dan atau Soccer Channel), Vision+ (OTT), dan MNC Play (TV Kabel).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X