Kompas.com - 07/02/2021, 08:48 WIB
Pemain Arema FC musim 2020, Hanif Sjahbandi. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Arema FC musim 2020, Hanif Sjahbandi.

MALANG, KOMPAS.com - Gelandang serba bisa Arema FC, Hanif Sjahbandi, menanti tangan dingin Shin Tae-yong pada pemusatan latihan (TC) kedua persiapan SEA Games 2021 yang digelar pada 8-28 Februari 2021 di Jakarta.

Dia mengaku sudah tidak sabar mendapatkan gemblengan dari pelatih asal Korea Selatan tersebut yang dikenal disiplin dan tegas.

Ini pemanggilan kedua bagi Hanif Sjahbandi. Sebelumnya, dia juga ambil bagian pada TC pertama yang diselenggarakan medio Desember 2020.

Namun, kala itu Hanif Sajhbandi merasa TC berjalan kurang gereget lantaran fokus Shin Tae-yong terpecah.

Baca juga: Bagus Kahfi: Saya dan Bagas Punya Mimpi Bermain di Luar Negeri...

Namun, dia yakin TC kedua ini jauh lebih seru karena PSSI sudah memasang target tinggi pada SEA Games 2021.

"Sebenarnya, pas TC yang lalu lebih fokus ke timnas U19, jadi untuk kami tidak seperti saat dia menggeber timnas U19 dan senior yang kemarin," kata pemain asal Bandung itu kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Cuma saya yakin untuk TC kali ini bakal habis-habisan karena targetnya berat. Coach Shin Tae-yong bakal lebih serius kepada kami. Apa pun itu saya siap menjalani latihan-latihan yang diberikan," katanya.

Soal persiapan, Hanif Sjahbandi mengatakan tidak memiliki persiapan khusus. Sejauh ini, dia hanya memaksimalkan latihan mandiri karena berkomitmen menjaga protokol kesehatan.

Jebolan diklat Persib Bandung itu menyadari proses adaptasi bakal menjadi tantangan yang sangat berat, apalagi kompetisi sudah vakum untuk waktu yang lama.

Baca juga: 12 Pemain Tak Dipanggil Shin Tae-yong, 5 di Antaranya Merumput di Luar Negeri

"Jujur pastinya ada pengaruhnya, dengan liga off kebugaran dan fisik harus beradaptasi kembali dengan tensi permainan di liga. Yang jelas, ada pengaruhnya," tutur mantan pemain Persiba Balikpapan.

"Cuma kami tahu ini TC yang sangat lama, kami masih bisa beradaptasi untuk menyamakan standar," katanya.

Namun, Hanif Sjahbandi siap menjawab rintangan dan tantangan yang ada. Dia siap memacu diri hingga ambang batas maksimalnya.

"Ya yang jelas tidak mudah untuk berseragam di timnas Indonesia, kami tahu berat-lah. Ada beratus ribu pemain yang ingin membela Indonesia. Yang pasti tanggung jawabnya besar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.